Percepat Pemulihan Ekonomi, Tambahan Modal Kerja Korporasi Padat Karya Diperluas

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 320 2329622 percepat-pemulihan-ekonomi-tambahan-modal-kerja-korporasi-padat-karya-diperluas-ZhF5CbWK6D.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menilai perbankan dalam program penjaminan korporasi penting guna mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Kali ini, LPEI mengajak Bank Jateng untuk ikut mendukung program PEN.

Direktur Eksekutif LPEI, D. James Rompas menyampaikan tambahan modal kerja kepada segmen korporasi padat karya dalam rangka membantu memulihkan ekonomi akan semakin luas.

Baca Juga: 7 Jurus Maut Sembuhkan Ekonomi dari Covid-19

“Dengan dukungan penjaminan kredit, para pengusaha dan eksportir, terutama yang memiliki karyawan dalam jumlah banyak, akan tetap beroperasi karena tetap mendapat dukungan pendanaan dari perbankan. Sehingga, eksportir tidak hanya lebih berdaya, namun juga mengurangi potensi peningkatan angka pengangguran,” kata dia, Kamis (17/12/2020).

Sejumlah hal yang disepakati antara LPEI dengan Bank Jateng dalam perjanjian Kerja Sama ini di antaranya Penjaminan atas pemberian fasilitas kredit modal kerja baru atau tambahan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional untuk mengatasi dampak dari Pandemi COVID-19 dalam bentuk Cash Loan dan Non Cash Loan.

 

Kemudian, debitur merupakan pelaku usaha korporasi non BUMN dan non UMKM yang memenuhi kriteria kegiatan usaha berorientasi pada ekspor dan padat karya. Fasilitas ini dapat diberikan kepada nasabah baru dan/atau eksisting yang memerlukan tambahan modal kerja sebesar Rp10 Miliar s/d Rp1 Triliun.

D. James Rompas menjelaskan, melalui skema penjaminan ini akan memberikan credit enhancement kepada perbankan di dalam melakukan ekspansi serta memperluas alternatif pendanaan khususnya di sektor korporasi padat karya untuk membantu memulihkan ekonomi nasional.

"Ke depan, kami berharap lebih banyak lagi perbankan yang bekerjasama dengan LPEI menggunakan program penjaminan ini. Sehingga pelaku usaha yang merupakan nasabah bank dapat memanfaatkan fasilitas Penjaminan Pemerintah dan terbantu untuk memulihkan kegiatan usahanya yang terdampak pandemi,” tambah James.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini