Dirombak, PNS dengan Beban Kerja Tinggi Dapat Gaji Lebih Besar

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 320 2329864 dirombak-pns-dengan-beban-kerja-tinggi-dapat-gaji-lebih-besar-eDVBHOpS38.jpg Gaji PNS Diubah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan merombak gaji sistem atau skema gaji dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Perombakan ini akan dilakukan kepada seluruh PNS baik itu yang berada di instansi pusat maupun daerah.

Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan, nantinya skema penggajian PNS ini akan dilihat dari beban hingga risiko kerja. Artinya, antar satu PNS dengan yang lainnya, yang memiliki beban dan risiko kerja yang lebih tinggi akan memiliki gaji yang berbeda.

Baca Juga: Sistem Gaji Baru PNS Tanpa Pangkat dan Tunjangan Berlaku, Ini Penjelasan BKN

"Apakah beban kerjanya PNS tidak sama maka gajinya juga tidak sama? Kalau kita kembali kepada ketentuan yang berlaku, gaji itu memang sekali lagi berdasarkan pada kriteria itu," ujarnya dikutip Okezone dari Channel Youtube BKN, Jumat (18/12/2020).

Adapun aturan atau ketentuan yang dimaksud ada pada Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Di mana dalam pasal 79, dijelaskan jika gaji PNS banyak komponen di simplikasi.

 Intip Aktivitas PNS Pempov DKI Jakarta pada PSBB Transisi

Berdasarkan Pasal 79 ayat 2 dijelaskan bahwa gaji dibayarkan sesuai dengan beban kerja, tanggung jawab, dan risiko pekerjaan. Gaji sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibayarkan sesuai dengan beban kerja, tanggung jawab, dan resiko pekerjaan.

"Di dalam UU di pasal 79 disebutkan bahwa gaji diberikan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab dan risiko jabatan," ucap Haryomo.

Haryomo menjelaskan, saat ini penggajian untuk para PNS menggunakan mekanisme lama. Di mana sistem penggajian dilakukan berdasarkan masa kerja, pangkat dan golongan dari pegawai tersebut.

"Secara eksisting memang kalau kita lihat peraturan pemerintah gaji yang sekarang ini kita terim,a dasarnya adalah masa kerja dan golongan, sehingga gaji itu tidak ada hubungannya dengan jabatan yang diduduki oleh PNS," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini