Vaksin Gratis untuk Semua, Jokowi: Tidak Ada Kaitannya dengan Anggota BPJS

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 320 2330269 vaksin-gratis-untuk-semua-jokowi-tidak-ada-kaitannya-dengan-anggota-bpjs-rzUHMUnBIF.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com/Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko WIdodo (Jokowi) mengatakan bahwa kondisi akan kembali normal jika semua atau minimal 70% masyarakat Indonesia divaksinasi. Dia pun kembali menyampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak dipungut biaya.

“Perlu saya ingatkan, saya sampaikan pemberian vaksin nanti tidak dipungut biaya alias gratis,” katanya saat pembagian bantuan modal kerja (BMK) di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (18/12/2020).

Baca Juga: Aksi Jokowi Yakinkan Pedagang agar Mau Disuntik Vaksin Covid-19

Pada kesempatan itu, Jokowi membantah terkait adanya isu bahwa vaksinasi hanya diperuntukan bagi anggota BPJS. Dia mengatakan bahwa semua masyarakat Indonesia bisa mengikuti vaksinasi.

“Dan tidak ada kaitannya dengan anggota BPJS. Kan ada isu ini yang divaksin yang hanya memiliki kartu BPJS. Ndak. Semua, seluruh warga bisa mengikuti vaksinasi tapi memang nanti diatur oleh kelurahan atau puskesmas dari dekat kita,” ungkapnya.

Baca Juga: Pengusaha: Jangan Sampai Vaksin Jadi Celah yang Tidak Sehat

Dia mengatakan bahwa nanti akan diumumkan kepada masyarakat kapan vaksinasi akan dilakukan.

“Itu mungkin ada pemberitahuan dari puskesmas atau dari kelurahan mengenai kapan vaksinasi. Karena vaksinnya sudah ada di negara kita. Tinggal mulai kapan,” tuturnya.

Lebih lanjut dia kembali menekankan bahwa terkait kehalalan vaksin pemerintah telah melibatkan MUI sejak 6 bulan lalu. Sehingga tidak perlu mengkhawatirkan soal kehalalannya.

“Jadi jangan sampai ada kekhawatiran mengenai halal dan tidak halalnya vaksinnya ini. Ini kita dalam keadaan darurat karena pandemi Covid ini,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini