Pengusaha: Jangan Sampai Vaksin Jadi Celah yang Tidak Sehat

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 320 2329730 pengusaha-jangan-sampai-vaksin-jadi-celah-yang-tidak-sehat-6G0JkZWSTX.jpg Vaksin Virus Corona dari Sinovac Tiba di Indonesia. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia mendatangkan vaksin sebanyak 1,2 juta dosis dari China. Vaksin ini merupakan produksi Sinovac Biotech.

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Hipmi Ajib Hamdani menilai, keputusan pemerintah untuk mendatangkan vaksin Covid merupakan hal yang tepat. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaiamana efektifitas dari implementasi vaksi tersebut.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Jawaban Masalah Ekonomi Indonesia

"Kalau Hipmi melihat keputusan tersebut bagus. Tinggal melihat bagaimana efektifitas serta efisiensi bisa disalurkan dengan bagus dan transparan," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Ajib mengingatkan, agar vaksin tersebut tidak menjadi celah yang justru dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini akan menimbulkan masalah baru bagi pemerintah.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Terbatas, Indonesia Berebut dengan Negara Lain

"Jangan sampai justru dengan adanya vaksin ini menjadi celah-celah yang tidak sehat," ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar pemerintah bisa transparan dalam penyaluran vaksin covid-19 tersebut. Selain itu, diharapkan vcaksi covid-19 ini juga bisa diberikan kepada orang-orang yang berhak menerima vaksin.

"Bagaimana sekali lagi transparansi akuntabel dan eligible," ucapnya.

Dia menambahkan, mendatangkan vaksin dan membagikannya kepada masyarakat menjadi keputusan yang baik untuk dunia usaha. Karena selama ini yang membuat ekonomi tiarap dan dunia usaha ngos-ngosan adalah masalah kesehatan.

Ketika masalah kesehatan menyerang dan aktivitas masyarakat dibatasi maka dunia usaha terkena imbasnya. Namun untungnya pemerintah memberikan berbagai macam insentif dan bantuan kepada masyarakat dan pengusaha sehingga tidak merembet sampai ke masalah sosial.

"Berbicara vaksin adalah penyelesaian masalah kesehatan. Karena kalau kita lihat, pandemi ini ketika masalah kesehatannya bergeser luar biasa maka sudah bergeser kepada masalah ekonomi yang Hipmi harapkan jangan sampai masalah ekonomi bergeser kepada masalah sosial," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini