Vaksin Covid-19 Jawaban Masalah Ekonomi Indonesia

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 320 2329706 vaksin-covid-19-jawaban-masalah-ekonomi-indonesia-i9oipt3hG4.jpg Vaksin Jawaban Masalah Ekonomi Indonesia. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyambut baik kedatangan vaksin sinovac ke Tanah Air. Hal ini bisa berdampak kepada pembalikan ekonomi di tahun depan.

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan HIPMI Ajib Hamdani mengatakan, mendatangkan vaksin dan membagikannya kepada masyarakat menjadi keputusan yang baik untuk dunia usaha. Karena selama ini yang membuat ekonomi tiarap dan dunia usaha ngos-ngosan adalah masalah kesehatan.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Terbatas, Indonesia Berebut dengan Negara Lain

Ketika masalah kesehatan menyerang dan aktivitas masyarakat dibatasi maka dunia usaha terkena imbasnya. Namun untungnya pemerintah memberikan berbagai macam insentif dan bantuan kepada masyarakat dan pengusaha sehingga tidak merembet sampai ke masalah sosial.

"Berbicara vaksin adalah penyelesaian masalah kesehatan. Karena kalau kita lihat, pandemi ini ketika masalah kesehatannya bergeser luar biasa maka sudah bergeser kepada masalah ekonomi yang Hipmi harapkan jangan sampai masalah ekonomi bergeser kepada masalah sosial," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Baca Juga: Tenang, Bank Sentral Ikut Danai Pembelian Vaksin Covid-19

Menurut Ajip, adanya vaksin bisa saja menyelesaikan permasalah ekonomi yang selama ini terjadi. Sehingga pada tahun depan, sangat mungkin ekonomi bisa kembali rebound asalkan masalah pandemi sudah berakhir sepenuhnya.

"Artinya ketika problem masalah kesehatan bisa tertangani dengan baik, maka harap ekonominya bisa rebound dengan baik," ucapnya.

Menurut Ajip, ekonomi Indonesia di tahun depan akan menjadi sebuah tantangan bagi pemerintah dan dunia usaha. Apalagi, ditargetkan ekonomi Indonesia tumbuh di kisaran 4 hingga 5% pada tahun depan.

"Karena target pertumbuhan ekonomi di 2021 adalah 4-5%. Itu sebuah angka yang luar biasa dan menantang bagi kita semua. Apakah sektor swasta bisa mendorong pertumbuhan ekonomi tentang penyelesaian masalah kesehatan yang lebih baik," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini