Deg-degan Pertama Kali Interview Kerja, Coba 4 Cara Ini

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 622 2330047 deg-degan-pertama-kali-interview-kerja-coba-4-cara-ini-mYHiRhId4O.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Wawancara kerja untuk pertama kalinya merupakan hal yang cukup mendebarkan dan membuat gugup pencari kerja. Pada tahap ini calon pekerja akan bertemu dan diwawancarai oleh bagian Human Resource Departement atau HRD di perusahaan terkait.

Tentunya dalam wawancara, pelamar harus menunjukkan kualitas diri yang terbaik. Agar pantas dan layak untuk diterima di perusahaan tempat melamar. Pewawancara juga dapat dengan mudah mengetahui apakah pelamar benar-benar berusaha untuk mempelajari tentang perusahaan atau hanya tahapan formalitas saja.

Baca Juga: 5 Tips Interview Kerja, Gali Informasi dari Orang Dalam

Mengutip dari The Balance Careers, Jumat (18/12/2020) berikut tips sukses menjalani wawancara pekerjaan pertama kali.

1. Lakukan dengan Serius

Beberapa orang menganggap wawancara hanya sekadar tahapan formalitas untuk masuk ke tahap selanjutnya. Namun kenyataannya tidak, wawancara merupakan tahapan penting.

Pewawancara akan mengetahui kepribadian pelamar melalui proses wawancara. Pewawancara juga akan menguji kelayakan pelamar untuk bisa bergabung di perusahaan. Oleh karena itu, persiapkan diri untuk setiap wawancara, dan selalu bersikap profesional.

Baca Juga: 3 Cara Bikin HRD Terkesan saat Wawancara Kerja

2. Pelajari Perusahaan

Untuk mempersiapkan wawancara, pelajari tentang perusahaan. Hal ini akan membantu menjawab pertanyaan tentang bagaimana kualitas diri pelamar cocok untuk perusahaan dan posisi yang dilamar.

Tunjukkan peforma terbaik. Jawab pertanyaan dengan kata dan kalimat yang lugas serta tidak bertele-tele.

3. Latihan Rutin

Practice make perfect, pasti sering mendengar kata-kata itu. Ya benar, dengan latihan secara terus menerus, tentu akan membantu memperlancar ketika hari h wawancara.

Selain pertanyaan seputar perusahaan, pelajari juga tentang pengetahuan posisi yang dilamar. Semakin menguasai dan menjawab dengan lancar, maka peluang diterima akan semakin besar.

4. Tunjukkan Antusiasme

Sejak awal proses wawancara tunjukkan rasa senang dan terima kasih karena telah diberi kesempatan wawancara. Senyum dan bersikap ramah selama proses wawancara. Tunjukkan gestur yang bersemangat dan jawab dengan ekspresi yang meyakinkan pewawancara.

Menunjukkan gairah dan minat pada pekerjaan merupakan salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian lebih dari pewawancara. Hal ini memungkinkan pelamar untuk bisa diingat dan dipertimbangkan ke tahap selanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini