5 Tips Interview Kerja, Gali Informasi dari Orang Dalam

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 622 2330016 5-tips-interview-kerja-gali-informasi-dari-orang-dalam-eSBaZnx8Kd.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Ketika melamar pekerjaan yang baru, proses wawancara tentunya akan dilalui terlebih dahulu. Biasanya proses tersebut dilakukan bersama atasan kerja saat ini dan atasan yang baru.

Adakalanya seseorang akan merasa gugup dan tegang saat melakukan wawancara, bahkan ketika ingin promosi ke pekerjaan baru. Perasaan tersebut biasanya akan memalingkan fokus saat wawancara internal berlangsung. Sebaiknya, lakukan tindakan yang bisa mengontrol perasaan tersebut agar siap melakukan interview tersebut.

Dilansir dari The Balance Careers, Jakarta, Jumat (18/12/2020), ketika telah mengontrol diri dari perasaan gugup, proses jalannya wawancara internal akan dilalui dengan mudah. Selain itu, usahakan untuk meninjau beberapa pertanyaan dan menguasai pemahaman tentang perusahaan agar dapat berperan saat interview berlangsung.

Baca Juga: 5 Tanda Stres karena Pekerjaan, Sering Marah Salah Satunya

Berikut ini terdapat 6 tips yang telah Okezone rangkum supaya berperan dalam wawancara internal.

1. Gunakan Keuntungan Orang Dalam

Gunakan pengetahuan yang dimiliki tentang perusahaan dan karyawannya untuk keuntungan pribadi. Salah satu cara untuk menggunakan keuntungan orang dalam adalah dengan bertanya kepada kolega di departemen itu tentang pekerjaan tersebut.

Cobalah untuk memahami apa yang sebenarnya dicari pemberi kerja pada kandidat pekerjaan, dan tekankan kualitas tersebut saat wawancara.

Baca Juga: 4 Keuntungan Jomblo Dalam Meniti Karier, Lebih Fokus dan Hemat

2. Menonjol dari Pesaing

Bedakan diri sendiri dari pesaing saat bersaing dengan kandidat eksternal. Sebutkan dan jelaskan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan khusus perusahaan saat menjawab pertanyaan wawancara. Dengan begitu, seseorang bisa lebih menonjol dari kandidat lainnya untuk mendapatkan posisi yang baru.

3. Tetap Profesional

Jika berteman dengan pewawancara, profesionalitas harus tetap dijaga saat wawancara berlangsung. Gunakan pakaian yang rapi dan sopan untuk menampilkan integritas yang tinggi. Jawablah pertanyaan yang diajukan dengan baik dan terperinci.

4. Riset Kembali tentang Perusahaan

Kandidat eksternal kemungkinan besar telah mencari tahu informasi tentang perusahaan untuk mempersiapkan wawancara.

Meskipun sudah lama berada di perusahaan tersebut, sebaiknya tinjau kembali situs web mereka untuk menemukan "poin pembicaraan" tentang misi perusahaan. Dengan begitu, seseorang dapat menunjukkan bahwa telah memahami tujuan perusahaan mereka.

5. Bagikan Pencapaian

Penting juga untuk memberikan contoh pencapaian sukses, yang telah dilakukan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya dan pencapaian pada posisi yang masih dilakukan.

Jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa manajemen senior seharusnya sudah mengetahui dan menghargai kontribusi yang telah diberikan sebelumnya. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengingatkan mereka tentang nilai yang telah ditambahkan ke perusahaan, dengan menggunakan contoh dari proyek dan pencapaian khusus tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini