Interview Kerja Virtual, Jangan Lupa Siapkan 3 Hal

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 622 2330591 interview-kerja-virtual-jangan-lupa-siapkan-3-hal-CGKIa5Nk1j.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Semakin banyak perusahaan melakukan wawancara kerja secara online. Cara ini menjadi yang sederhana dan efektif untuk mewawancarai calon pekerja. Selain itu, juga mudah bagi para pencari kerja karena melakukan wawancara langsung dari rumah.

Ada berbagai jenis wawancara kerja secara online. Melansir dari thebalancecareers.com, Sabtu (19/12/2020) berikut penjelasannya.

Baca Juga: Deg-degan Pertama Kali Interview Kerja, Coba 4 Cara Ini

1. Melalui Webcam

Ini adalah wawancara yang paling umum, daripada datang ke kantor. Tergantung pada perusahaan, akan mengirimi pertanyaan dan dijawab dengan video. Bisa juga langsung menggunakan kamera dan software konferensi video seperti yang sedang populer, Zoom atau Google Meet.

Baca Juga: 5 Tips Interview Kerja, Gali Informasi dari Orang Dalam

2. Sistem Sendiri

Beberapa perusahaan menggunakan sistem berbasis web online untuk wawancara. Seperti menyediakan opsi untuk rekaman wawancara melalui webcam atau wawancara langsung dengan kandidat.

3. Video Sendiri

Alih-alih mewawancarai Anda. Pewawancara juga bisa mengirim daftar pertanyaan melalui email dan meminta kandidat merekam diri sendiri untuk menjawabnya.

Meskipun Anda tidak berbicara langsung, pastikan untuk tersenyum dan menjaga kontak mata dengan kamera. Ingatlah untuk berbicara perlahan dan jelas. Wajar untuk gugup, tarik napas dalam-dalam dan tenang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini