Tips Sukses Wawancara Kerja Virtual agar HRD Terpikat

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 622 2330598 tips-sukses-wawancara-kerja-virtual-agar-hrd-terpikat-9aAOcuJEsn.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Di situasi pandemi Covid-19, ada yang sedikit berbeda dari proses rekrutmen kerja biasanya. Beberapa perusahaan memilih melakukan wawancara kerja secara online menggunakan video conference. Hal ini dilakukan untuk mengikuti imbauan pemerintah guna mencegah penularan virus corona semakin meluas.

Ternyata, teknik wawancara kerja menggunakan video diklaim lebih cepat, mudah dan hemat biaya daripada wawancara dengan pertemuan langsung. Begitu pun bagi manajer perekrut atau HRD, ini mempermudah dan mempercepat proses perekrutan karyawan baru.

Dilansir dari The Balance Careers Jakarta, Sabtu (19/12/2020), berikut ini tips dan hal-hal yang harus diperhatikan agar sukses melewati wawancara kerja melalui video.

Baca Juga: Deg-degan Pertama Kali Interview Kerja, Coba 4 Cara Ini

Ketahui Jenis Wawancara Kerja Menggunakan Video

Wawancara ini berupa obrolan video langsung dengan manajer perekrutan atau HRD, atau calon karyawan akan diundang untuk berpartisipasi dalam wawancara sesuai permintaan. Dengan wawancara sesuai permintaan tersebut, tanggapan dan jawaban terhadap serangkaian pertanyaan akan direkam untuk ditinjau oleh manajer perekrutan di lain waktu.

Persiapkan Diri

Kunci dari keberhasilan melalukan wawancara melalui video adalah berlatih terlebih dahulu. Ini dapat mencegah terjadinya masalah teknis dan menumbuhkan rasa lebih percaya diri. Perlu diingat, wawancara video sama pentingnya dengan wawancara yang dilakukan secara langsung. Jadi pastikan sudah siap untuk wawancara dari jarak jauh.

Baca Juga: 5 Tips Interview Kerja, Gali Informasi dari Orang Dalam

Lakukan Uji Coba

Luangkan waktu untuk melakukan uji coba pada satu atau dua hari sebelum wawancara. Periksa semua alat-alat yang akan digunakan untuk wawancara. Pastikan webcam atau kamera sejajar dengan mata. Pastikan peralatan suara seperti headseat atau mikrofon sudah berfungsi dengan baik.

Periksa Latar Belakang (Background)

Ketika melakukan uji coba, perhatikan latar belakang yang muncul di video. Apakah terlihat berantakan atau mengganggu? Pastikan memiliki latar belakang yang rapi. Gunakan dinding polos atau background seperti di kantor. Perhatikan juga pencahayaan, agar video terang dan jelas.

Gunakan Pakaian Sopan dan Rapi

Survei ResumeGo melaporkan bahwa sebagian besar pemberi kerja lebih suka kandidat kerja mengenakan pakaian casual bisnis, tetapi banyak yang tidak memiliki preferensi. Sudut kamera harus menunjukkan pinggang ke atas, karena wajah adalah titik fokus. Tetapi jika ada kemungkinan perlu berdiri, pastikan mengenakan celana atau rok profesional.

Pastikan Suasana di Sekitar Tenang

Selama melakukan wawancara, pastikan meja atau lingkungan sekitar bersih dan rapi. Jika melakukan wawancara di rumah, pastikan berada di tempat yang tenang tanpa ada suara lain yang menganggu. Gunakan postur tubuh yang sama dengan wawancara langsung, dan hindari membuat banyak gerakan tangan.

Apa yang Dicari Pemberi Kerja?

Hampir tak ada perbedaan pada cara penilaian antara wawancara dengan video dan wawancara secara langsung. Pemberi kerja akan menilai bagaimana calon karyawan menjawab pertanyaan, memperlihatkan keterampilan, cara berpenampilan, dan menyiapkan resume pada lamaran kerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini