Share

Jokowi: Pelabuhan Patimban Mulai Hari Ini Bisa Digunakan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 320 2331047 jokowi-pelabuhan-patimban-mulai-hari-ini-bisa-digunakan-nhd0ycaQ8v.jpg Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Patimban Fase I. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat. Mulai hari ini, pelabuhan tersebut sudah siap untuk digunakan.

"Pelabuhan Patimban hari ini saya nyatakan siap dan bisa digunakan," ujarnya dalam Soft Launcing dan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban, Minggu (20/12/2020).

Baca Juga: Proyek Pelabuhan Internasional Patimban Fase 2 Dilanjutkan Tahun Depan

Jokowi mengaku senang dengan proses pembangunan Pelabuhan Patimban pada Fase I. Di mana pelabuhan ini sudah siap melayani 3,75 juta peti kemas. Diharapkan pada pembangunan Fase III nantinya, kapasitas pelabuhan menjadi jadi 7 juta peti kemas.

"Dengan kapasitas car terminal 218 ribu mobil dan nanti 600 ribu kendaraan dan akan meningkatan ekpsor otomotif kita ke pasar global," ujarnya.

Baca Juga: Resmikan Pelabuhan Patimban, Jokowi: Saya Yakin Jadi Kunci Penghubung Kawasan Industri

Meski demikian, Kepala Negara menagaskan bahwa hadirnya Pelabuhan Patimban harus juga mendukung ekspor produk lain yang mengerakan ekonomi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pertanian , industri kreatif serta produk lain sehingga siap bersaing di pasar global.

"Untuk itu saya minta Gubernur, Bupati, Walikota dan pejabat terkait untuk bersama pelaku UMKM, koperasi dan perusahaan swasta memaksimalkan infrastruktur yang dibangun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Keberadaan pelabuhan semakin mempercepat pertumbuhan ekonomi dan tumbuhnya sentra baru," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pelaksanaan pembangunan tahap dua Proyek Strategi Nasional (PSN) itu seiring dengan telah diresmikan pembangunan tahap satu yang dilaksanakan hair ini. 

Di mana, pada fase pertama, pelabuhan memiliki peti kemas seluas 35 hektar dengan kapasitas 25 ribu TEUs per tahun. Patimban juga menjadi terminal kendaraan seluas 25 ha dengan kapasitas mobil 218.000 CBU. Sementara itu, pada fase dua pemerintah akan menambah pembangunan kurang lebih 66 hektar.

"Pada tahap dua 2021-2024 akan terbangun sebanyak kurang lebih 66 hektar," ujarnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini