Selain Industri, Jokowi Ingin Pelabuhan Patimban Dukung Ekspor UMKM

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 320 2331060 selain-industri-jokowi-ingin-pelabuhan-patimban-dukung-ekspor-umkm-9bRr43l1qO.jpg Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Patimban Fase I. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pelabuhan Patimban tidak hanya fokus pada ekspor industri saja. Tapi ikut mendukung ekspor produk para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Saya ingatkan bahwa Pelabuhan Patimban ini juga mendukung produk ekspor lainnya. Yang menggerakan ekonomi UMKM, pertanian, industri kreatif dan produk lainnya, sehingga mampu bersaing di pasar global," ujarnya, Jakarta, Minggu (20/12/2020).

Baca Juga: Jokowi: Pelabuhan Patimban Mulai Hari Ini Bisa Digunakan

Untuk itu, Jokowi pun meminta para menteri, Gubernur, Bupati, Walikota dan pejabat terkait untuk bersama pelaku UMKM, koperasi dan perusahaan swasta memaksimalkan Pelabuhan Patimban.

"Diharapkan meningkatkan kesejahteraan. Keberadaan pelabuhan semakin mempercepat pertumbuhan ekonomi dan tumbuhnya sentra baru," ujarnya.

 Baca Juga: Proyek Pelabuhan Internasional Patimban Fase 2 Dilanjutkan Tahun Depan

Jokowi melanjutkan, Pembangunan Pelabuhan Patimban Fase I merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diresmikan di tengah pandemi.

"Ini telah kita selesaikan. Alhamdulillah," ujarnya.

Menurutnya, proyek ini memiliki peran yang penting dan strategis baik dalam upaya meningkatakn ekonomi Jawa Barat dan Nasional. Kemudian berfungsi memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok priok yang sekarang padat dan timbulkan kemacetan baik di Bekasi-Jakarta maupun Jakarta-Bekasi.

"Dengan lokasi yang strategis di antara Bandara Kertajati dan Kawasan Industri di Bekasi, Kerawang dan Purwakarta. Saya yakin keberadaan pelabuhan ini jadi kunci penghubung antar kawasan seperti manufaktur, pariwisata dan sentra pertanian dan menopang kecepatan ekspor," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini