Kabar Reshuffle Kabinet Jokowi, Netizen Minta Susi Pudjiastuti Kembali Jadi Menteri KKP

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 320 2331436 kabar-reshuffle-kabinet-jokowi-netizen-minta-susi-pudjiastuti-kembali-jadi-menteri-kkp-oedOrqL2Y2.jpg Jokowi (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin akan menggelar rapat intensif berdua hari ini Senin (21/12/2020). Rapat intens keduanya dikaitkan dengan isu reshuffle kabinet menjelang akhir tahun 2020.

Sejak Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terjaring OTT KPK terkait dugaan suap ekspor benur, isu reshuffle makin kencang berembus. Desakan reshuffle semakin tak terbendung ketika Menteri Sosial RI Juliari Batubara ditangkap KPK sekitar dua pekan kemudian.

Sejumlah netizen berharap Susi Pudjiastuti kembali dipilih oleh Kepala Negara untuk menduduki kursi Menteri Kelautan dan Perikanan pada reshuffle nanti. Pasalnya, mereka menilai hanya Susi yang pantas menjabat jabatan tersebut.

"Memang cantik bu susi. Silahkan kembali menempati posisi menteri KKP," tulis akun Twitter @KunawanNgh yang dikutip Okezone, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Akan Dilakukan Rabu, Hari Ini Jokowi-Ma'ruf Rapat Berdua 

"Posisi dia udh paling cocok jd menteri KKP buat batalin export benur. Policy bu Susi udh paling bener drpd ngasih gimmick jd menteri," tulis akun Twitter @hazil_d.

Kemudian, ada juga netizen dengan akun Twitter @ruangdiskusi1 yang meminta pergantian pembantu presiden untuk posisi menteri kesehatan dan pemuda dan olahraga. Namun, dia tetap berharap Susi kembali menjadi Menteri KKP.

"Semoga menteri kesehatan sama menteri pemuda olahraga digantikan sama profesional. gak dari partai. terus bu susi kembali jadi menteri KKP," tulis akun Twitter @ruangdiskusi1.

Namun beredar kabar Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono diusulkan menjadi menteri Kelautan dan Perikanan (KP) pengganti Edy Prabowo.

Salah satu kelompok relawan Jokowi saat Pilpres lalu yakni "Arus Bawah Jokowi" terang-terangan mengusulkan agar Presiden Jokowi mengangkat Sakti Wahyu Trenggono sebagai menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Okezone pada Sabtu (19/12/2020), Ketua Umum Arus Bawah Jokowi, Michael Umbas menyebutkan, pasca kekosongan kursi menteri Kelautan dan Perikanan (KP) terlihat presiden berhati-hati memilih figur yang dianggap harus memiliki integritas yang tinggi.

Michael menilai sosok Wahyu Sakti Trenggono atau Mas Treng dianggap memenuhi kriteria sebagai menteri KP.

Apalagi, kata dia, Mas Treng punya hubungan historis dan emosional dengan presiden, yakni bendahara tim sukses. "Pasti kepercayaan ini akan diemban dan dijalankan sebaik-baiknya," sebutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini