Sebut Kegagalan Hal yang Biasa, Sri Mulyani: Menjadi Pemimpin Perempuan Tidak Mudah!

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 455 2331367 sebut-kegagalan-hal-yang-biasa-sri-mulyani-menjadi-pemimpin-perempuan-tidak-mudah-nIo9vHMBak.jpg Sri Mulyani (Foto: Instagram/@smindrawati)

JAKARTA - Dalam menjalani kehidupan pasti ada yang berhasil dan yang gagal. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kegagalan adalah hal yang biasa.

Tapi yang membedakan kualitas seseorang, apakah dia pemenang atau pecundang, adalah sikap dalam menghadapi kegagalan tersebut.

"Ketahuilah bahwa mengalami kegagalan itu hal biasa. Tapi yang membedakan kualitas seseorang, apakah dia pemenang atau pecundang, adalah sikap dalam menghadapi kegagalan tersebut. Seorang pemenang akan memiliki daya tahan dan determinasi tinggi untuk tidak menyerah dan membiarkan cita-citanya layu," tulis Sri Mulyani dalam akun instagramnya di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Sri Mulyani Nangis Gagal Kibarkan Bendera Merah Putih di Istana Negara 

Karenanya janganlah mudah menyerah sebab gagal pertama tidak berarti gagal selamanya.

"Teruslah berusaha meraih cita-cita sekalipun kita sudah pernah gagal sebelumnya," imbuhnya.

Menurut Sri Mulyani menjadi pemimpin, terlebih lagi perempuan, tidaklah mudah. Di dalam perjalanan hidup kalian akan banyak diuji.

"Bisa jadi apa yang kalian rencanakan atau cita-citakan tidak sesuai dan kalian akan dihadapkan pada seribu alasan untuk menyerah," bebernya

Di dalam membangun leadership, yang pertama harus dimiliki adalah kemampuan memimpin diri sendiri, sebelum memimpin orang lain.

"Pemimpin juga harus punya kualitas kompetensi, kepekaan emosi, dan jiwa empati. Jangan pernah berhenti belajar termasuk beradaptasi dengan teknologi," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini