7 Rahasia di Balik Kesuksesan Bisnis Rumahan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 455 2332102 7-rahasia-di-balik-kesuksesan-bisnis-rumahan-oxG5vD1G71.jpeg Bisnis Rumahan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA Bisnis rumahan cukup populer karena tidak memerlukan modal yang yang besar dan bisa dilakukan di rumah. Namun, merintis bisnis rumahan bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan kiat-kiat khusus untuk membuatnya menjadi bisnis yang berkembang dan sukses.

Sebenarnya, tidak ada "rahasia" untuk membangun bisnis rumahan yang sukses. Tentu dibutuhkan berbagai keterampilan, karakteristik, dan pengetahuan untuk mendukung keberhasilan bisnis yang dijalankan.

Dilansir dari The Balance Small Business Jakarta, Selasa (22/12/2020), berikut ini beberapa hal yang dibutuhkan para pengusaha untuk menciptakan bisnis rumahan yang sukses.

1. Keyakinan

Banyak pengusaha rumahan yang gagal atau tanpa sadar menghalangi kesuksesan mereka sendiri, karena tidak percaya dapat mencapai kesuksesan. Mereka tidak menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dan benar atau bahkan tidak melakukannya sama sekali.

Baca Juga: Tambah Pemasukan dari 5 Bisnis Rumahan 

Pendiri Ford Motor Company, Henry Ford pernah mengatakan bahwa seseorang yang tidak percaya pada usahanya, tidak memiliki kekuatan untuk bekerja dan mengatasinya. Sebaliknya, orang-orang yang memiliki keyakinan akan terus berjuang hingga akhirnya meraih kesuksesan.

2. Memiliki Visi

Visi memiliki dua manfaat. Pertama, untuk memberi tanda atas apa yang sedang diperjuangkan. Akan sulit untuk mencapai tujuan jika tidak mengetahui apa yang sedang dilakukan.

Kedua, sebagai motivasi. Bersamaan dengan keyakinan, seorang pengusaha membutuhkan alasan dan motivasi yang baik untuk mencapai tujuan. Jika tidak, akan terlalu mudah untuk membiarkan kekurangan waktu atau energi menggagalkan usaha.

3. Hindari Ketakutan

Ketakutan merupakan pembunuh mimpi terbesar. Rasa takut membuat orang terus-terusan berada dalam zona nyaman. Ini akan membuat seseorang sulit mengambil tindakan dan tidak percaya bahwa tindakannya akan membuahkan hasil.

Ketakutan hanya akan membuat bisnis sulit untuk maju. Sebab, saat itulah penolakan dan penundaan muncul. Maka, sebaiknya hindari ketakutan berlebihan dan fokus saja pada usaha mengembangkan bisnis.

 

4. Berani Mengambil Tindakan

Kesuksesan tidak akan terjadi tanpa adanya tindakan. Tindakan tidak hanya menggerakkan menuju tujuan, tetapi melalui tindakan itu akan ada pelajaran atas apa yang berhasil dan yang tidak. Semakin banyak tindakan yang dilakukan secara teratur, semakin banyak momentum yang dibangun, sehingga mencapai kesuksesan lebih cepat.

5. Kelilingi Diri dengan Orang-Orang Berkualitas

Hanya karena membangun bisnis rumahan, bukan berarti harus dilakukan sendiri. Pelatih dan mentor bisa sangat membantu dalam memberi keterampilan dan dukungan yang dibutuhkan. Nasihat dan saran dari orang-orang berkualitas dapat membantu mencapai keberhasilan menjalankan bisnis.

6. Fokus

Memiliki visi untuk bisnis adalah cara yang bagus untuk mengembangkan fokus. Triknya adalah untuk tidak terganggu oleh keberhasilan usaha orang lain. Ketika mengembangkan visi, Ciptakan juga jalan untuk mencapainya. Tetap fokus pada rencana sendiri dan jangan biarkan teralihkan dengan cara orang lain mencapai kesuksesannya

7. Bangkit

Banyak orang yang menemui hambatan atau tidak mencapai hasil, dengan cepat memandang tantangan ini sebagai tanda berhenti. Namun, bagi orang-orang sukses, masalah dianggap sebagai sesuatu yang perlu dipelajari dan diatasi.

Coba lihat orang-orang sukses dan ketahui bagaimana cara mereka mengatasi rintangan dan kegagalan. Alih-alih menyerah, mereka bangkit kembali, memperbaiki diri, dan mulai bekerja lagi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini