Pemulihan Ekonomi Terhambat Munculnya Jenis Baru Virus Covid-19

Michelle Natalia, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2020 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 320 2334097 pemulihan-ekonomi-terhambat-munculnya-jenis-baru-virus-covid-19-wvuOiRZiGm.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Pemulihan ekonomi dunia akan terganggu dengan munculnya jenis baru virus Covid-19. Jenis baru virus covid-19 ini menyebar dengan cepat di kawasan Eropa dan membuat beberapa negara kembali menerapkan penutupan atau lockdown.

Baca Juga: Sri Mulyani Bicara Ancaman Stagnasi Pertumbuhan Ekonomi

"Adanya varian virus corona yang baru kemungkinan besar akan mengakibatkan hampir semua negara akan kembali menutup hubungan pariwisata dan mobilitas penduduk dari negara lain terutama dari Amerika Serikat," kata Nailul Huda saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

Baca Juga: Menko Airlangga Beberkan Peluang Pemulihan Ekonomi 2021

Akibatnya terjadi pembatasan kegiatan ekonomi yang akan memperlambat ekonomi. Selain itu, varian baru ini dikhawatirkan akan memperlambat pemulihan ekonomi global.

"Karena ada kekhawatiran vaksin yang sudah dikembangkan tidak cocok kepada varian baru corona ini," katanya.

Saat ini, para ilmuwan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah melakukan penelitian terhadap virus corona jenis baru yang awalnya ditemukan di Afrika dan Inggris. Namun saat ini diketahui sudah menyebar ke beberapa negara, salah satunya Australia.

Virus corona jenis baru ini dinilai lebih mudah menular, terutama anak-anak. Ini disebabkan karena adanya 14 mutasi sehingga terjadi perubahan pada asam amino yang terdapat di tubuh manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini