Buka Usaha Seblak, Jajanan Pedas Kegemaran Milenial

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2020 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 455 2334059 buka-usaha-seblak-jajanan-pedas-kegemaran-milenial-98RQ3IHqrI.jpg Seblak (Foto: Instagram)

JAKARTA - Saat ini banyak olahan makan pedas yang bermunculan dan penggemarnya makin hari makin bertambah. Tren kuliner pedas di Indonesia memiliki prospek bisnis jangka panjang yang menggiurkan.

Mulai dari camilan pedas sampai makanan berkuah, salah satunya seblak. Jajanan pedas asal Jawa Barat dengan bahan baku kerupuk, berpadu bumbu pedas gurih ini menjadi kuliner kekinian yang digemari anak milenial.

Oleh karena itu, seblak menjadi salah satu peluang bisnis kuliner pedas dengan keuntungan yang menjanjikan. Seblak merupakan sajian kuliner yang cocok dimakan dalam segala suasana. Jadi tidak usah ragu untuk membuka usaha seblak ini.

Baca Juga: Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Lezat Ini saat Liburan di Bandung

Mengutip dari buku Menggiurkan Usaha Seblak Jajanan Pedas Kekinian karya Bisnis UKM, Sabtu (26/12/2020) berikut hal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha seblak.

1.Pilih Lokasi Usaha Strategis

Jika ingin mulai dengan modal yang terjangkau, bisa mulai di skala rumahan. Apalagi kalau rumah letaknya di pinggir jalan, seperti di dekat sekolah atau perkantoran.

Selain di rumah, coba sewa sebuah ruko, atau lapak di food court. Pastinya lokasi tersebut lebih strategis dan banyak orang tahu.

 

2. Ciptakan Resep Terbaik

Dalam menjalankan usaha kuliner pedas, citarasa merupakan modal penting. Dalam bersaing dan terus berkembang.

Membangun bisnis kuliner pastinya harus memiliki citarasa khas dari makanan yang dijual. Sesuaikan juga dengan selera pasar supaya mendapat jangkauan konsumen yang lebih banyak.

3. Inovasi Usaha

Buat kreasi dan inovasi yang berbeda dari usaha seblak lainnya. Misalnya dengan menciptakan menu yang unik, seperti seblak mozarela, atau ditambahkan beragam varian topping.

Selain inovasi menu, bisa juga membuat inovasi pada kemasan. Biasanya seblak dikemas menggunakan sterofoam, coba untuk menggunakan kemasan yang lebih vancy dan ramah lingkungan.

4. Sediakan Layanan Pesan Antar

Saat ini sebagian orang lebih suka makanan luar yang dimakan di rumah. Terlebih semenjak adanya pandemi. Maka dari itu layanan pesan antar bisa menjadi strategi jitu untuk bisa memuaskan konsumen menikmati hidangan dengan lebih praktis.

Tidak perlu menggunakan layanan antar sendiri, manfaatkan layanan pesan antar dari aplikasi online. Daftarkan usaha sebagai mitra, kemudian sesuaikan harga makanan ditambah dengan pajak yang ada pada aplikasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini