Reformasi Birokrasi, Ada 38.398 PNS Dialihkan dari Jabatan Struktural ke Fungsional

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 320 2335586 reformasi-birokrasi-ada-38-398-pns-dialihkan-dari-jabatan-struktural-ke-fungsional-JevIYviYUk.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melakukan perombakan pada birokrasi lewat pemangkasan eselonisasi menjadi dua saja. Pemangkasan ini ditargetkan bisa rampung semua pada tahun depan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, penyederhanaan ini dikkuti dengan pengalihan dari jabatan struktural menuju fungsional. Tercatat sudah ada 38.398 pemangku janatan struktural yang sudah dialihkan ke fungsional.

“Kemudian penyederhanaan diikuti dengan pengalihan yang saat ini sedang mencapai 38.398 pemangku jabatan struktural ke jabatan fungsional,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga: Pemangkasan Eselon, Hampir 30.000 Jabatan Struktural Dihapus 

Menurut Tjahjo, dari pengalihan jabatan tersebut, tersapat 237 jabatan fungsional eksisting saat ini. Di mana dari jumlah tersebut, 37 di antaranya merupakan jabatan fungsional baru.

Adapun 37 jabatan fungsional baru tersebut meliputi , Metrolog (BSN), Negosiator Perdagangan (Kemendag), Pengawas Perdagangan (Kemendag), Pemeriksa Perdagangan Berjangka Komoditi (Kemendag), Analis Pemantauan PUU Legislatif (Setjen DPR), Kurator Keperdataan (Kemenkumham), Asisten Penata Kadastral (Kemen ATR/BPN) dan Penata Kadastral (Kemen ATR/BPN). Selaij itu ada Analis Intelijen (BIN), Pengawas Intelijen (BIN), Pengembang Sistem Intelijen (BIN), Penata Kelola Intelijen (BIN), Asisten Penata Kelola Intelijen (BIN), dan Asisten Agen Intelijen (BIN).

Lalu ada Inspektur Naviasi Penerbangan (Kemenhub), Asisten Inspektur Navigasi Penerbangan (Kemenhub), Inspektur Pengoperasian Pesawat Udara

(Kemenhub), Asisten Inspektur Pengoperasian Pesawat Udara (Kemenhub), Inspektur Kelaikudaraan Pesawat Udara

(Kemenhub), dan Asisten Inspektur Kelaikudaraan Pesawat Udara (Kemenhub). Kemudian ada Manggala Informatika (BSSN), Analis Standardisasi (BSN), Penyuluh Lingkungan Hidup (Kementerian LHK), Analis Hukum (Kemenkumham).

Lalu ada Asisten Penyuluh Pajak (Kemenkeu), Pranata SDM Aparatur (BKN), Pengembang Penilaian Pendidikan (Kemendikbud), Pengembang Kurikulum (Kemendikbud), Penata Laboratorium Narkotika (BNN), dan Asisten Penata Laboratorium Narkotika (BNN). Selanjutnya ada Analis Perdagangan (Kemendag), Penjamin Mutu Produk (Kemendag), Penata Kelola Perusahaan Negara (BUMN), Penata Pertanahan (ATR/BPN), Analis Pemanfaatan Iptek (LIPI), Kurator Koleksi Hayati (LIPI) dan Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN).

“Dan untuk menuju hal tersebut telah ditetapkan 237 jabatan fungsional di mana terdapat 37 merupakan jabatan fungsional baru,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini