Jadi Komisaris IFG, Anak Buah Sri Mulyani Soroti Pemegang Polis Jiwasraya

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 320 2336994 jadi-komisaris-ifg-anak-buah-sri-mulyani-soroti-pemegang-polis-jiwasraya-8MsOJ6N0Xh.jpg Asuransi (Shutterstock)

JAKARTA - Staf Khusus Menteri Keuangan, Masyita Crystallin, baru saja ditunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai komisaris Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Indonesia Financial Group (IFG).

Usai ditunjuk, dia pun menyoroti dana investasi pemegang polis PT Jiwasraya (Persero). Masyita menilai, dana nasabah tersebut harus dilindungi. "Pemerintah memandang industri asuransi harus diperkuat dan nasabahnya juga harus dilindungi,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis, (31/12/2020).

 Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Eks Bos LPS dan Stafsus Menkeu Jadi Komisaris IFG

Dia menyebut, dengan menjadikan IFG sebagai Holding BUMN asuransi dan penjaminan, maka pemerintah tengah berusaha melakukan pendalaman dan penguatan pasar industri keuangan domestik. 

"Ini merupakan wujud dukungan dan komitmen pemerintah untuk menjaga industri keuangan dan asuransi di Indonesia. IFG Life akan melakukan bisnis asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan dana pensiun," katanya.

Baca juga: Restrukturisasi Jiwasraya agar Tak Wariskan Kerugian ke IFG

Dia merinci, aset industri asuransi per Pendapatan Domestik Bruto (PBD) masih di kisaran 5.5 persen. Masih di bawah Malaysia 20.33 persen, Thailand 23.19 persen, dan Singapura 47.55 persen. Namun, berita baiknya, industri asuransi Indonesia tumbuh cukup tinggi yakni 10.2 persen dari tahun 2015 hingga tahun 2019.

Karena itu, pendalaman pasar keuangan penting untuk mengatasi ketidaksesuaian (mismatch) antara ketersediaan pembiayaan jangka panjang (longterm financing) dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Erick telah menunjuk Hotbonar Sinaga dan Arief Budiman ke dalam jajaran dewan komisaris. Perseroan meyakini perubahan dewan komisaris akan menjadi kekuatan baru IFG dalam melakukan langkah-langkah strategis pengembangan bisnis serta tata kelola perusahaan.

Dengan demikian, berikut susunan Dewan Komisaris dan Direksi IFG per 30 Desember 2020.

Dewan Komisaris:

Fauzi Ichsan : Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen

Masyita Crystallin : Komisaris

Meirijal Nur : Komisaris

Hotbonar Sinaga : Komisaris Independen

Arief Budiman : Komisaris Independen

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini