Mulai Masuk Kerja Lagi, PNS WFH atau WFO?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 08:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 320 2338298 mulai-masuk-kerja-lagi-pns-wfh-atau-wfo-3tw0CljaVH.jpg PNS Wajib Masuk Kerja Hari Ini. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS mulai masuk kerja kembali mulai hari ini pasca libur natal dan tahun baru. Hal ini menyesuaikan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang pemangkasan libur natal dan tahun baru.

Baca Juga: Terjawab Sudah, Ini 5 Alasan Besaran Gaji PNS Beda-Beda

Lantas para ASN kerja dari rumah alias Work From Home (WFH) atau kerja dari kantor alias Work From Office (WFO)?

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, sistem kerja ASN akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah mengenai pengendalian covid-19. Jika mengharuskan untuk membagi ke dalam dua golongan yaitu WFH dan WFO, maka pihaknya akan mengikutinya.

Baca Juga: 4 Fakta Nasib Kenaikan Gaji PNS Tak Disetujui Sri Mulyani

“Intinya sistem kerja ASN akan terus menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah untuk pengendalian Covid,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (4/12/2021).

Menurut Dwi, kebijakan WFH dan WFO ini berlaku tidak hanya di Pemerintah pusat. Melainkan juga bagi para ASN yang berada di daerah tentunya dengan mengikuti keputusan masing-masing pemerintah daerah (Pemda).

“Ya sama saja. Mengikuti status daerah masing-masing,” ucapnya.

Hal yang paling adalah penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan tidak terganggu. Oleh karenanya, beberapa ASN yang sifatnya adalah untuk pelayanan publik harus tetap masuk kantor alias WFO.

“Yang penting penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik tetap berjalan,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini