Karier Cemerlang di 2021, Fokus Lakukan 6 Langkah Ini

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 622 2338357 karier-cemerlang-di-2021-fokus-lakukan-6-langkah-ini-E96ZV89I1h.jpg Tips Karier 2021. (Foto: Okezone.com/Independent)

JAKARTA – Tahun 2020 telah membawa perubahan besar bagi pasar tenaga kerja dan cara bekerja. Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home), penurunan gaji hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Maka dari itu, 2021 menjadi harapan yang besar bagi banyak orang untuk menghidupkan kembali karirnya. Meskipun tahun 2020 cukup mengerikan, tapi tidak boleh sepenuhnya diabaikan. Sebab, banyak pelajaran yang bisa diambil seperti bagaimana cara bekerja.

Dilansir dari CNN, Senin (4/1/2021), untuk kembali membangun karier di tahun 2021, hal-hal inilah yang harus difokuskan.

1. Pemikiran Besar, Rencana Kecil

Di tahun baru, tidak ada salahnya memiliki pemikiran besar tentang apa yang ingin dicapai selama satu tahun ke depan. Namun, ambilah langkah-langkah yang lebih kecil untuk mencapainya.

Baca Juga: Tips Sukses Wawancara Kerja Virtual agar HRD Terpikat

"Ambil langkah bertahap. Begitu Anda mengambil langkah kecil dan mencapainya, itu adalah motivator," kata Peggy Caruso, pelatih pengembangan pribadi dan eksekutif.

2. Bangun Kembali Jaringan

Untuk kembali membangun karir tentu perlu memperluas jaringan. Sebab, peluang karier bisa datang dari siapa saja. Inilah saatnya untuk mengembalikan jaringan yang sempat hilang di tahun 2020 akibat pembatasan sosial.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan melakukan pertemuan secara virtual. Jadi, coba periksa organisasi profesional dan asosiasi alumni sekolah. Selain itu, jelajahi juga situs web jaringan, seperti LinkedIn atau Meetup.

Baca Juga: Buang 6 Rasa Takut Ini agar Sukses di 2021

Memperluas jaringan memang penting, tetapi jangan lupa untuk memperbarui jaringan yang sudah ada. Hubungan yang dimiliki dengan rekan kerja juga penting, mereka dapat membantu produktivitas, keterlibatan, dan kepuasan secara keseluruhan.

3. Temukan mentor

Menemukan mentor yang tepat juga dapat berpengaruh pada keberhasilan karir seseorang. Mentor dapat memberikan wawasan, membuat koneksi dan menawarkan kepercayaan diri saat semua hal menjadi sulit.

"Tidak harus seseorang yang kamu kenal. Tentukan apa yang ingin Anda capai dan pikirkan, siapakah orang yang telah melakukan ini?" kata Caruso.

Setelah mengidentifikasi orang tersebut, mulailah menjelaskan secara rinci mengapa memilih mereka, apa yang dicari dan pekerjaan apa yang direncanakan untuk dilakukan dalam hubungan tersebut.

4. Tetapkan batasan

Ketika pekerjaan dan kehidupan dilakukan secara bersamaan di satu tempat, berpotensi menghilangkan keseimbangan. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan profesional. Maka, tetapkan batasan dengan atasan, keluarga, dan diri sendiri.

"Saat Anda pulang kerja, jadilah saat ini. Saat Anda keluar dari [kantor pusat], berpura-puralah Anda akan pulang dan mengundang diri Anda sendiri untuk makan malam. Matikan telepon, putuskan hubungan kerja, dan ingatlah bahwa keluarga membutuhkan makanan sehat bersama untuk membicarakan hari itu,” kata Caruso.

5. Pelajari keterampilan baru

Mempelajari keterampilan baru dapat memberi energi kembali. Selain itu, juga bisa meningkatkan kualitas resume.

Ada banyak kursus online untuk membantu dalam kemajuan karir. Mulai dari mempelajari hard skill, seperti meningkatkan kemampuan bahasa pemrograman, atau mengasah soft skill, seperti komunikasi yang efektif.

6. Menjadi pemimpin

Memegang kendali adalah bagian besar untuk mendapatkan promosi jabatan. Namun, di kondisi saat ini mungkin akan sedikit lebih sulit , di mana pekerjaan dilakukan dari jarak jauh.

Adapun kunci untuk menunjukkan sifat kepemimpinan adalah dengan bersikap proaktif. Menampilkan keterampilan memecahkan masalah juga dapat menunjukkan kepemimpinan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini