3 Cara Hemat Memulai Investasi, Jangan Kebanyakan Nongkrong

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 622 2338587 3-cara-hemat-memulai-investasi-jangan-kebanyakan-nongkrong-S9bMpYXHmp.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Terkadang seseorang merasa penghasilannya belum cukup untuk melalukan investasi. Untuk makan dan kebutuhan sehari-hari saja pas-pasan gimana untuk investasi.

Hal ini bukan sebuah masalah, cobalah memulai untuk mengelola pendapatan. Dengan membuat pos-pos keuangan, seperti pos dana investasi. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

 Baca juga: Fakta Resolusi Keuangan 2021, dari Bayar Utang hingga Atur Dana Darurat

Lho nanti ga bisa beli apa-apa dong. Nah jangan khawatir, seperti mengutip dari Indonesia Stock Exchange, Senin (4/1/2021) berikut hal kecil yang harus dilakukan guna membantu menghemat dana untuk investasi.

Pertama, bawa bekal dari rumah. Jajan boleh, tapi atur sesuai pos dana jajan agar tidak kebablasan.

 Baca juga: Belajar Keuangan dari Personel Film Friends, Ross Paling Punya Persiapan

Kedua, minimalisir waktu nongkrong bersama teman. Batasi keluar rumah kalau bukan hal penting, hal ini bisa membantu menghemat keuangan.

Ketiga, manfaatkan promo untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi harus hati-hati, jangan sampai kalap termakan godaan promo. Self reward dengan belanja online boleh, asal sesuai dengan pos dana yang sudah disediakan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini