Kapan Waktu yang Tepat untuk Investasi? Ini Jawabannya

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 10 Januari 2021 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 10 622 2341892 kapan-waktu-yang-tepat-untuk-investasi-ini-jawabannya-YmAea3uiW9.jpg Investasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Investasi menjadi hal ini penting sebagai bentuk antisipasi akan hari tua atau masa-masa sulit yang bisa saja datang melanda keuangan, terlebih di masa pandemi Covid-19. Mempunyai sejumlah investasi sebagai jaminan masa depan harus dilakukan, terutama mereka yang sedang berada dalam usia produktif.

Namun terkadang sebagian orang bingung, kapan waktu yang tepat untuk investasi. Apakah mulai sedini mungkin atau menunggu momentum yang pas. Jadi, bagaimana mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi?

Baca Juga: 6 Cara Membuka Penghasilan Baru, Bisa dari Investasi 

Berinvestasi di awal kehidupan menghasilkan keuntungan finansial yang lebih besar di kemudian hari. Namun pertimbangkan kembali situasi keuangan saat ini. Demikian seperti dilansir Real Simple, Minggu (10/1/2021)

Pastikan keuangan dalam kondisi stabil dan tidak sedang dalam masalah. Jika sedang memiliki utang disarankan untuk menunda investasi hingga utang lunas. Sebab jika memaksakan keuangan akan tergerus karena keuangan terbagi untuk dana investasi dan pembayaran utang beserta bunganya.

Setelah semua utang sudah lunas, mulai perencanaan untuk investasi. Tetapkan tujuan untuk apa berinvestasi. Pertimbangkan juga apakah menggunakan investasi jangka pendek atau jangka panjang. Cari tahu keuntungan dan kerugian dari tiap jenis investasi.

Penerapan investasi beli rendah, jual tinggi benar-benar berlaku untuk investasi jangka pendek, terutama di pasar saham. Bukan investasi jangka panjang yang harus direncanakan setiap orang untuk membangun kekayaan dan keamanan finansial jangka panjang.

Sedangkan investasi jangka panjang beragam jenisnya, seperti saham, obligasi, reksa dana, atau dana yang diperdagangkan di bursa. Rencana investasi jangka panjang yang diterapkan selama bertahun-tahun dapat membantu uang tumbuh secara perlahan tapi pasti dan dengan risiko yang lebih kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini