Jangan Khawatir, Lakukan Hal Ini jika Dipecat dan Tak Miliki Penghasilan

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 10 Januari 2021 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 10 622 2341979 jangan-khawatir-lakukan-hal-ini-jika-dipecat-dan-tak-miliki-penghasilan-MyGiJmXP6H.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Finansial menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan. Kematangan dalam mengelola keuangan akan menjadi modal kuat untuk kestabilan ekonomi di masa depan.

Namun, tak selamanya keuangan selalu dalam kondisi stabil. Banyak kemungkinan bisa terjadi, seperti kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Investasi? Ini Jawabannya 

Jangan risau jika mengalami hal tersebut. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan seperti dilansir Real Simple, Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Cobalah untuk berkonsentrasi pada pembiayaan hidup untuk jangka pendek. Pikirkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk bisa melanjutkan hidup.

Usahakan menghemat kebutuhan hidup sehari-hari. Seperti menghemat untuk tidak sering jajan, mengurangi intensitas belanja, dan sebagainya. Beri batasan untuk hal yang termasuk prioritas dan yang bukan. Melalui perencanaan yang cermat, ada harapan untuk realitas yang lebih baik.

Setelah kondisi membaik, segera cari pekerjaan dan fokus pada perbaikan finansial. Cobalah untuk menyusun anggaran keuangan.

Catat penghasilan yang didapatkan dan anggarkan keluar untuk hal apa saja. Plot-plotkan penghasilan untuk biaya hidup sehari-hari, tabungan, dan simpanan dana darurat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini