Presiden Jokowi Minta Proyek Food Estate Selesai Tahun Ini

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 320 2342389 presiden-jokowi-minta-proyek-food-estate-selesai-tahun-ini-6EFw5SKGl3.jpg Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan food estate atau lumbung pangan di Provinsi Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah rampung pada tahun ini. Jika garapan food estate berhasil, maka akan menjadi contoh bagi daerah lainnya.

"Saya mendorong food estate ini harus segera diselesaikan paling tidak tahun ini yang di Sumatera Utara, di kalimantan tengah diselesaikan," ucapnya saat membuka Rakernas Pembangunan Pertanian 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Bangun Lumbung Pangan, Jokowi Minta Gubernur Percepat Perizinan 

Jokowi ingin tahu permasalahan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan dalam pengelolaan pangan di food estate itu. Karena itu, Kepala Negara ingin pengelolaan hal tersebut menggunakan teknologi.

"Kita evaluasi problemnya apa, masalah di lapangan apa, teknologi yang kurang apa, dan juga dengan cara teknologi di food estate, karena ini jadi contoh," jelasnya.

"Kalau semua benar bisa jadi contoh, semua provinsi datang tinggal copy aja, tapi memang dalam skala yang luas, economic scale, karena percuma kalau bisa berproduksi tapi sedikit, enggak ngaruh apa-apa sama yang impor tadi," tambahnya.

Lebih lanjut, Jokowi ingin keberhasilan pengelolaan food estate di dua wilayah tersebut menjadi contoh bagi provinsi-provinsi lainnya.

Bahkan, Kepala Negara siap menyuntik dana dari APBN untuk daerah dalam pengelolaan lumbung pangan. Namun, daerah tersebut harus memberikan return atau pengembalian yang jelas ke negara.

"Food estate yang kita bangun benar, provinsi-provinsi lain akan kita dorong kita berikan dana dari APBN tapi betul-betul ada return yang diberikan ke negara," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini