Sriwijaya Air Jamin Pemenuhan Hak pada Keluarga Penumpang

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 320 2343075 sriwijaya-air-jamin-pemenuhan-hak-pada-keluarga-penumpang-5Lohw2aVCV.jpg Identifikasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Direktur Utama Sriwijaya Air Jefferson Jauwena mengatakan bahawa manajemen memfasilitasi kebutuhan keluarga penumpang jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ-182 selama proses identifikasi berlangsung. Bahkan, segala hak-hak penumpang menjadi prioritas untuk diselesaikan.

“Sriwijaya Air sejak hari pertama selalu siap berupaya terbaik memberikan pelayanan dan informasi yang dibutuhkan keluarga penumpang SJ-182. Sriwijaya Air juga menjamin untuk memberikan pendampingan yang terbaik dan menjamin memenuhi hak-hak para keluarga penumpang,” ujar Jefferson Jauwena dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga: Menhub Minta Asuransi Korban Sriwijaya Air Harus Cepat Diberikan

Pada kesempatan berbeda, Kementerian Perhubungan memastikan Sriwijaya Air SJ 182 dinyatakan dalam kondisi laik udara sebelum terbang. Pesawat jenis B737-500 tersebut telah memiliki Certificate of Airworthiness atau Sertifikat Kelaikudaraan yang diterbitkan oleh Kemenhub dengan masa berlaku sampai dengan tanggal 17 Desember 2021.

Baca Juga: Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air, Ungkap Karut Marut Industri Penerbangan

“Ditjen Perhubungan Udara telah melakukan pengawasan rutin sesuai dengan program pengawasan dalam rangka perpanjangan sertifikat pengoperasian pesawat AOC Sriwijaya Air pada bulan November 2020. Hasilnya, Sriwijaya Air telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan,” jelas Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati.

Dan selain telah memperpanjang sertifikat izin AOC dari regulator, Sriwijaya Air juga telah melengkapi sertifikasi aspek keamanan dan keselamatan ini dengan adanya audit independen dari Basic Aviation Risk Standard (BARS).

Di mana, sejak Maret 2020, manajemen Sriwijaya Air telah menjalani audit keamanan dan keselamatan yang diselenggarakan BARS. BARS melakukan audit terhadap beberapa hal seperti keselamatan dan quality system management, manual operasi, lisensi dan data pelatihan awak penerbangan serta pengawasan terhadap pesawat dan suku cadang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini