Musim Hujan, Ketahui Potensi Penyebab Kebocoran Atap Rumah

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 470 2343025 musim-hujan-ketahui-potensi-penyebab-kebocoran-atap-rumah-NvEfY5Ncz5.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Masalah kebocoran atap rumah menjadi hal yang merepotkan bagi sebagian orang. Tak hanya itu, kebocoran yang terjadi secara terus-menerus juga dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada interior rumah.

Menentukan sumber kebocoran atap bisa menjadi tantangan yang lebih besar. Sering kali, sumber kebocoran atap di bagian luar rumah tidak cocok dengan tempat air menetes di dalam rumah. Ini menyebabkan banyak pemilik rumah yang kesulitan untuk memperbaiki kebocoran.

Baca Juga: Desain Rumah Retro Ala Tahun 60-an

Dilansir dari The Spruce Jakarta, Selasa (12/1/2021), menemukan sumber kebocoran atap bukanlah ilmu pasti. Sebab, kebocoran dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait masalah kebocoran atap.

Mengetahui Potensi Sumber Kebocoran Atap

Sumber potensi kebocoran atap yang biasa terjadi adalah kerusakan atap sehingga terdapat lubang tempat air masuk, atau sistem drainase atap yang tidak baik. Selain itu, kebocoran juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada sistem pipa ledeng maupun ventilasi dan AC pada saat-saat tertentu.

 

Melakukan Perawatan sebagai Pencegahan Kebocoran

Dengan mengetahui potensi kebocoran, pemilik rumah juga dapat menjadikannya sebagai acuan untuk melakukan upaya pencegahan kebocoran rumah di masa mendatang. Salah satunya dengan melakukan perawatan yang tepat secara rutin untuk mencegah kebocoran kembali terjadi.

Menyiapkan Perbaikan Kebocoran Atap yang Efektif

Apabila terjadi kebocoran, perbaikan merupakan satu-satunya cara yang dapat dilakukan. Mengetahui penyebab kebocoran dapat membantu proses perbaikan atap rumah menjadi lebih efektif. Selain itu, pemilik rumah juga akan lebih siap untuk melakukan perbaikan yang benar dan hemat biaya. Tanpa investigasi kebocoran yang tepat, perbaikan pada sistem atap menjadi tidak efektif, serta membuang-buang uang dan waktu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini