4 Dilema Keuangan yang Muncul di Kepala, Ini Solusinya

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 622 2342980 4-dilema-keuangan-yang-muncul-di-kepala-ini-solusinya-Cbzy3m6Orp.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA – Ketika ingin mengelola tagihan dan pengeluaran, pertanyaan-pertanyaan dalam kepala kerap timbul dan membuat kegiatan pengelolaan sehingga menimbulkan banyak dilema.

Dilema-dilema yang timbul biasanya menghambat proses pengelolaan tagihan dan pengeluaran yang akan dilakukan. Namun, jernihkan pikiran supaya timbul solusi dari dilema yang menyerang pikiran.

 Baca juga: Dear Emak-Emak, Begini Cara Bijak Habiskan BLT

Dikutip dari Real Simple, Jakarta, Selasa (12/1/2021), terdapat 4 cara mengelola tagihan dan pengeluaran dari solusi yang timbul akibat dilema-dilema yang sering dirasakan saat melakukan pengelolaan tersebut.

1. Gunakan Kartu Kredit atau Kartu Debit?

Solusi dari dilema ini adalah gunakan kartu kredit dan dapatkan imbalannya selama melunasinya setiap bulan.

Jika kesulitan mempertahankan anggaran atau mengendalikan pembelian, gunakan kartu debit. Uang akan langsung keluar dari rekening koran dan tidak akan menggembungkan saldo kartu kredit yang dimiliki.

 Baca juga: 4 Cara Menggunakan Uang yang Diatur dalam Sebulan

2. Pilih Rencana Anggaran dengan Perusahaan Jasa atau Mengambil Peluang dengan Rencana Bulan Demi Bulan?

Rencana anggaran, atau disebut juga prabayar atau rencana level, umumnya merupakan opsi yang disarankan. Di bawah paket prabayar biasa akan dikenai tarif tetap yang sama setiap bulan berdasarkan faktor-faktor, seperti penggunaan sebelumnya dan pola cuaca.

Dengan kata lain, seseorang akan lebih atau kurang tahu berapa biaya yang perlu dibayarkan untuk tahun tersebut, terlepas dari variabel dalam penggunaan dari bulan ke bulan. Namun, pastikan paket yang dipilih tidak disertai biaya tambahan atau biaya pembatalan.

3. Apakah memilih pembayaran secara otomatis ditarik dari rekening koran atau menulis cek sendiri untuk tagihan?

Menggunakan pembayaran tagihan otomatis dari rekening giro adalah ide yang bagus, terutama jika memiliki masalah kronis dalam membayar tagihan tepat waktu.

"Mengingat semua biaya penalti yang Anda keluarkan setiap kali Anda terlambat membayar, opsi penarikan otomatis dapat menghemat ratusan dolar setahun," kata Evelyn Zohlen, Presiden Inspired Financial, di Garden Grove, California.

4. Menjual saham untuk melunasi saldo kartu kredit atau mengurangi saldo dari bulan ke bulan?

 

Jual saham untuk menghilangkan hutang kartu kredit. Bahkan, jika memiliki saham yang bagus, kemungkinan besar mereka tidak akan mengembalikan lebih banyak uang daripada yang dibayarkan sebagai bunga pada kartu kredit yang dimiliki. Cobalah untuk menegosiasikan tingkat bunga yang lebih rendah pada kartu kredit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini