Selain Indonesia, Ini Daftar Negara yang Beli Vaksin Covid-19 dari China

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 320 2343624 selain-indonesia-ini-daftar-negara-yang-beli-vaksin-covid-19-dari-china-vNJ8fpHiPg.jpg Presiden Jokowi Divaksin Covid-19. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Indonesia resmi melakukan vaksinasi Covid-19 menggunakan produksi Sinovac. Orang pertama yang menerima vaksin tersebut pun Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain Indonesia, banyak negara lain yang juga memilik vaksin Sinovac untuk disuntikan kepada seluruh masyarakatnya. Di antaranya Brasil, Turki, Chile, Singapura, dan Filipina.

Baca Juga: RI Bakal Terima Vaksin Gratis Produksi Pfizer hingga Moderna

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lucia Rizka Andalusia mengatakan, selain Indonesia, sejumlah negara telah melakukan pemesanan vaksin Covid-19 dari Sinovac.

"Bahkan, Mesir juga sedang bernegosiasi untuk bisa memproduksi vaksin Sinovac di Mesir,” kata Lucia.

Baca Juga: Sinovac Berlabel Halal, Bos Biofarma: Belajar dari Vaksin Rubella

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun sebelumnya telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization. Tak hanya itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa halal vaksin Covid-19.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang melakukan vaksin Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Dia menerima suntikan vaksin bersama dengan sejumlah pejabat lainnya.

Sebelum divaksin, Kepala Negara terlebih dahulu menjalani pemeriksaan untuk mengklarifikasi data seperti tekanan darah, dan dikonfirmasi soal apakah pernah batuk, hingga terpapar Covid-19.

"Lama enggak periksa," timpal Jokowi. "Ini memang ada yang tidak diperbolehkan kalau tekanan tinggi ya?," tanya Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini