3 Tips Menabung Dana Darurat di Tengah Pandemi Covid-19

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 622 2343818 3-tips-menabung-dana-darurat-di-tengah-pandemi-covid-19-ytTD17UKfs.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Mulai menabung untuk menyiapkan dana darurat nampaknya sangat perlu dilakukan di masa kesulitan ekonomi akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Hal itu bertujuan untuk mengamankan pemenuhan kebutuhan jangka pendek hingga panjang, bahkan dari kejadian yang tidak terduga.

Selain itu, membuat dana darurat juga bisa membuat seseorang berhati-hati menentukan keputusan keuangan karena ada cara penganggaran dana di dalamnya. Dengan begitu, situasi ekonomi yang pelik bisa dilalui.

Baca Juga: 5 Cara Siapkan Dana Darurat Tahun Depan 

Dilansir dari Real Simple, Jakarta, Rabu (13/1/2021), para ahli mengatakan bahwa bahkan di tengah masa ketidakpastian keuangan, ada cara mudah untuk mulai membangun dana darurat untuk digunakan di masa depan.

Berikut adalah 3 cara yang telah Okezone rangkum bagaimana cara menabung uang untuk membentuk dana darurat.

1. Apa yang Perlu Dilakukan Sekarang?

Terjebak di rumah tentu ada manfaatnya, bijaksana dari segi pengeluaran. Oleh karena itu, uang bisa dialihkan untuk menyusun dana darurat yang bisa digunakan di masa yang akan datang.

“Orang-orang membelanjakan lebih sedikit untuk restoran, gas, kelas gym tatap muka , dan berbagai aktivitas lain yang biasanya kami lakukan di luar rumah. Selama Anda masih memiliki penghasilan, maka Anda dapat mengalihkan uang itu untuk menopang dana tabungan darurat Anda,” kata Kimberly Palmer, pakar keuangan pribadi dengan NerdWallet.

Kumiko Love, pencipta The Budget Mom, juga menyarankan untuk menunda pembayaran utang Anda. “Lihatlah penghasilan tambahan Anda. Anda selalu dapat melakukan pembayaran hutang tambahan nanti. Kurangi biaya makan di luar. Gunakan uang yang biasanya Anda gunakan untuk hiburan atau uang bensin dan sisihkan untuk tabungan darurat Anda,” katanya.

Dan sebelum Anda bergegas ke toko bahan makanan dengan uang tunai yang biasa Anda sisihkan untuk pembelian mingguan, lihat apa yang Anda miliki di rumah.

“Lakukan inventaris lemari es, pantry, dan freezer untuk mengakses apa yang dibutuhkan keluarga Anda dan kemudian buat daftar belanjaan Anda. Anda akan takjub dengan berapa banyak makanan yang telah Anda siapkan di lemari es dan dapur Anda. Ini akan membantu mengurangi salah satu pengeluaran yang Anda perlukan," sambung Love.

2. Mulai Penganggaran

Setelah melakukan tindakan pada tips pertama, luangkan waktu untuk mempelajari inti dari menghitung angka. Jika belum memiliki anggaran untuk rumah tangga, sekaranglah waktunya untuk memulainya. Mulailah dengan menilai pendapatan saat ini dan mengalokasikannya untuk kebutuhan terlebih dahulu.

Brian Walsh, seorang perencana keuangan bersertifikat, menyarankan untuk menggunakan metode penganggaran 50-30-20. Itu berarti mendelegasikan 50% pendapatan untuk kebutuhan seperti perumahan, utilitas, dan makanan, 30% untuk pengeluaran tidak penting, dan 20% untuk tujuan pribadi, seperti melunasi utang atau menabung untuk masa depan.

“Membangun anggaran tidak hanya melihat apa yang Anda belanjakan, tetapi benar-benar bertanya pada diri sendiri apakah itu kebijaksanaan penting atau hanya membuang waktu,” katanya.

3. Jika Mendapat Bantuan Tunai, Masukan untuk Dana Darurat

Jika menjadi salah satu penerima bantuan tunai, Ted Rossman, seorang analis industri, menyarankan untuk memasukkannya ke dana darurat jika memungkinkan.

Rossman juga menyarankan untuk menabung uang yang mungkin digunakan untuk liburan, konferensi, atau acara tatap muka lainnya yang telah dibatalkan selama COVID-19 ke dalam dana darurat.

Apapun yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan, cobalah untuk tidak bergantung pada kartu kredit untuk pembelian darurat.

“Itu bisa mahal, ditambah banyak bank memotong jalur kredit dan membatalkan kartu tanpa peringatan selama Resesi Hebat, dan itu bisa terjadi lagi,” kata Rossman.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini