6 Cara Bikin Keuangan Keluarga Sehat dan Berjalan Baik

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 622 2345402 6-cara-bikin-keuangan-keluarga-sehat-dan-berjalan-baik-qwlQfuWpsD.jpeg Tips Mengatur Keuangan Keluarga. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Mengatur keuangan keluarga tentu sangat dibutuhkan dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga yang sehat dan baik. Kebutuhan hidup beragam dan jumlah anggota yang bisa bertambah, mengharuskan kita bijaka dalam penggunaan keuangan.

Agar kesehatan finansial keluarga tetap terjaga, bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik? Dikutip dari buku berjudul "Tips Mengelola Keuangan" Sabtu (16/1/2021) yang ditulis oleh Eagle Oseven, berikut tipsnya:

1. Gabungkan Penghasilan Suami Istri

Jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja, sebaiknya gabungkan kedua penghasilan menjadi satu agar lebih mudah untuk mengaturnya. Selain itu, penggabungan hasil gaji suami istri dapat membantu untuk mengontrol pengeluaran.

Baca Juga: Lebih Hemat Mana, WFH atau WFO?

2. Sediakan Dana Darurat

Salah satu hal penting dalam memanajemen keuangan rumah tangga adalah menyediakan dana darurat. Dana darurat merupakan dana yang disediakan untuk hal-hal yang bersifat mendadak dan di luar kebiasaan.

3. Catat pengeluaran dan pemasukan

Kebutuhan rumah tangga cukup beragam dan banyak, oleh karena itu sebaiknya catat secara detail setiap pemasukan dan pengeluaran. Pencatatan yang rapi tidak hanya mengetahui kemana uang digunakan, tetapi juga evaluasi kondisi keuangan.

Baca Juga: Mengelola Keuangan saat Kerja dari Rumah, Berikut Caranya

4. Sisihkan Tabungan untuk Anak

Jangan lupa menyisihkan sebagian pendapatan untuk biaya sekolah anak. Berkembangnya zaman, biaya sekolah semakin melambung tinggi dari tahun ke tahun. Itulah kenapa harus menabung pendapatan untuk pendidikan anak.

5. Tabung Sebagian Uang di Awal Bulan

Kesalahan menabung adalah ketika gaji mulai menipis, baru meminimalisir pengeluaran. Jika seperti itu akan berisiko pada kebutuhan rumah tangga.

Tabung uang di awal bulan saat gaji baru di terima. Tetapkan besaran nilai untuk ditabung dan untuk dipakai.

6. Buat Anggaran Bulanan

Sebelum memasuki awal bulan, buat anggaran belanja bulanan. Rinci hal-hal yang perlu dibeli untuk kebutuhan rumah tangga. Biaya listrik, air, cicilan atau hal lain yang perlu dibayar. Buat secara terperinci agar gaji yang didapat tidak terbuang sia-sia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini