Begini Cara Atur Pengeluaran saat WFO dan WFH agar Kantong Tak Jebol

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 622 2345406 begini-cara-atur-pengeluaran-saat-wfo-dan-wfh-agar-kantong-tak-jebol-OX2a22C2Dn.jpg Tips Mengatur Keuangan saat Kerja dari Rumah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kerja dari rumah atau work from home membuat pengeluaran keuangan bertambah, apalagi tidak ada tunjangan tambahan dari kantor. Pekerja pun harus menyiapkan dana tambahan untuk membayar biaya internet lebih karena harus meeting online setiap hari.

Intensitas meeting online pun tidak bisa dipastikan sehari berapa kali. Dengan demikian kebutuhan internet sangat jadi acuan demi kelancaran bekerja.

Baca Juga: Lebih Hemat Mana, WFH atau WFO?

Belum lagi bagi pekerja yang sudah berkeluarga dan anaknya harus belajar dari rumah. Tentu ini bisa menambah pengeluaran untuk biaya internet.

Oleh karena itu, dibutuhkan siasat keuangan supaya kerja dari rumah bisa nyaman dengan pengeluaran yang terkontrol. Perencana Keuangan Andi Nugroho menilai, pekerja harus memprioritaskan pemasukan untuk biaya langganan internet, dan mengurangi pengeluaran untuk tidak belanja kebutuhan yang bersifat konsumtif atau hanya kepingin saja.

Baca Juga: Mengelola Keuangan saat Kerja dari Rumah, Berikut Caranya

"Makanya, itu jadi prioritas bahwa, kita mengeluarkan pengeluaran itu untuk prioritas berlangganan internet. Kemudian mengurangi pos pengeluaran yang lainnya. Seperti tidak belanja kebutuhan-kebutuhan yang bersifat konsumtif atau berupa kesenangan, seperti jajan makan minuman ke kinian," ujar Perencana Keuangan Andi Nugroho kepada Okezone, Sabtu (16/1/2021).

Mengatur pengeluaran agar lebih terarah, di masa pandemi sehingga keuangan tetap terjaga. Mengapa memprioritaskan langganan internet demi kelancaran bekerja, karena dengan bekerja kita bisa mendapat penghasilan.

Salah satu cara supaya pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik terutama di masa pandemi ini, juga dengan adanya koneksi atau sinyal yang baik.

Mengurangi pengeluaran untuk tidak belanja kebutuhan-kebutuhan yang konsumtif, juga perlu dilakukan demi menjaga pemasukan. Selama wfh memang kita perlu memikirkan lagi mana yang penting dan tidak untuk dibeli. Agar keuangan tetap terjaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini