Raup Cuan dari Bisnis Sayuran Hidroponik, Begini Caranya

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 455 2345794 raup-cuan-dari-bisnis-sayuran-hidroponik-begini-caranya-2wYq6yCKQM.jpg Hidroponik (Shutterstock)

JAKARTA - Siapa sangka, tren hidroponik tidak hanya sekadar hobi, tetapi juga dapat menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Kemudahan cara bertanam, modal yang relatif murah, dan keuntungan yang menggiurkan, membuat hidroponik semakin digemari masyarakat.

Penanaman dengan menggunakan media tanam air ini, mampu meminimalisir risiko terserang hama dan penyakit tanaman sehingga bisa menghasilkan tanaman dengan kualitas bagus dan harga yang relatif tinggi. Pemasarannya pun sudah merambah ke berbagai tempat. Seperti di restoran, rumah sakit, hotel, cafe, dan berbagai supermarket.

 Baca juga: Hilangkan Stres, Teras Rumah Disulap Jadi Taman Hidroponik

Mengutip dari buku Bisnis Hidroponik ala Roni Kebun Sayur karya Roni Arifin, Minggu (17/1/2021) berikut keuntungan yang didapatkan dari budi daya sayuran hidroponik.

1. Pengerjaannya Mudah

Bertanam hidroponik dapat dilakukan oleh siapa saja. Bahan dan alat yang diperlukan juga mudah.

 Baca juga: Jalankan Bisnis Tanaman Hidroponik, Baca Dulu Strategi Usahanya

Manfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai. Seperti botol mineral, ember, potongan wadah styrofoam, atau wadah air minum gelas.

 

2. Efisiensi Tenaga Kerja

Bertanam secara konvensional memerlukan banyak proses, mulai dari pengolahan lahan, proses bertanam, lalu pemeliharaannya. Lahan yang diperlukan pun biasanya relatif luas sehingga tenaga yang dibutuhkan juga banyak.

Lain halnya dengan bertanam hidroponik. Untuk memulainya tidak perlu pengolahan lahan. Tenaga yang diperlukan pun lebih sedikit dan biaya yang dikeluarkan relatif akan hemat.

3. Tidak Memerlukan Lahan Luas

 

Hidroponik dapat dilakukan di mana saja. Baik lahan sempit, lahan kering, bahkan di dalam rumah.

Cukup sediakan bibit tanaman, air, nutrisi yang cukup. Serta perlatan yang memadai, setelah itu proses bertanam hidroponik bisa dijalankan.

4. Hasil Panen Lebih Baik

Sumber nutrisi sayuran hidroponik dapat berasal dari pupuk atau larutan nutrisi yang dialirkan langsung ke akar tanaman. Adanya sistem ini dapat mempercepat penyerapan larutan nutrisi oleh tanaman.

Kecepatan daya serap tersebut tentu memengaruhi pertumbuhan tanaman. Karena itu, kualitas sayur hidroponik akan lebih baik daripada kualitas panen konvensional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini