Renovasi Kamar Mandi Rumah, Perhatikan 7 Hal Ini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 05:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 470 2346394 renovasi-kamar-mandi-rumah-perhatikan-7-hal-ini-ivIKvDgKL8.jpg Kamar Mandir (Foto: Trendir)

JAKARTA – Ketika memutuskan untuk merenovasi kamar mandi rumah, mungkin pemiliknya merasa kondisi kamar mandi sudah tidak sesuai kebutuhan atau juga ingin mengintegrasikan sesuatu yang baru pada kamar mandinya. Hak itu tidak masalah karena merupakan keputusan pribadi.

Merenovasi kamar mandi berarti akan merombak isi ruangan itu, seperti desain dan item baru. Hal itu tentunya membutuhkan waktu yang tidak singkat karena perlu melakukan perencanaan dan penganggaran. Itu bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan terburu-buru.

Dilansir dari Home Design Lover, Jakarta, Selasa (19/1/2021), sebelum memulai pekerjaan renovasi, beberapa hal perlu dipersiapkan untuk memastikan bahwa renovasi tidak akan gagal. Selain itu, dari persiapan tersebut, semua rencana akan dibuat secara rinci sehingga bagian penganggaran dana tidak terjadi pemborosan.

Baca juga: Praktis dan Anti Berantakan, 10 Ide Penyimpanan Kamar Anak

Berikut ini telah Okezone rangkum 7 tips merenovasi kamar mandi rumah dengan cerdas.

1. Lakukan Penganggaran

Anggaran akan memberi tahu jenis barang apa yang bisa didapatkan untuk renovasi kamar mandi rumah. Ini akan membatasi harga item baru dan ini juga akan membantu menentukan cakupan pekerjaan tertentu yang dapat dilakukan. Selain itu, membuat anggaran juga dapat membantu memutuskan mana yang dapat diganti dan mana yang masih dapat dipertahankan.

2. Refinish Item yang Sudah Ada

Dengan cara ini, seseorang dapat menghemat banyak uang jika mencoba menyelamatkan beberapa barang yang ada di kamar mandi, seperti bak mandi atau ubin. Pastikan saja ini masih rapi dan fungsional. Bahkan lemari rias lama masih bisa memiliki perubahan dan akan terlihat baru dengan cat dan sentuhan lainnya.

kamar mandi

3. Dapatkan Item Baru Terlebih Dahulu

Sebelum mengeluarkan alat-alat yang dibutuhkan untuk bekerja, pastikan telah menyelesaikan hal-hal yang diperlukan. Jika menginginkan bak mandi baru, maka bak mandi harus sudah ada di rumah. Bahkan perlengkapan pencahayaan harus lengkap sebelum mulai bekerja.

Dengan cara ini, tidak perlu menghabiskan waktu berhari-hari hanya untuk menyelesaikan renovasi dan pada akhirnya dapat menggunakannya.

4. Lakukan Penghijauan

Karena sudah merombak kamar mandi mengapa tidak menambahkan beberapa tanaman ke dalamnya. Selain membawa beberapa tanaman ke dalam kamar mandi, bisa juga dengan memanfaatkan bahan yang ramah lingkungan.

Cara lain untuk menjadi ramah lingkungan adalah dengan mendaur ulang barang-barang lama, seperti contoh yang telah kami sebutkan di lemari rias lama yang akan dicat ulang alih-alih dibuang ke tempat pembuangan sampah.

5. Jangan Pindahkan Pipa Ledeng

Cara lain yang baik untuk menghemat uang adalah dengan menyimpan pipa ledeng. Alih-alih mengulang pipa dan semuanya, gunakan pipa ledeng yang dimiliki.

Selain itu, bisa juga membiarkan tukang ledeng memeriksa pipa untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika melakukan hal ini, uang tidak hanya bisa dihemat, tetapi juga akan dapat mengurangi pekerjaan yang diperlukan untuk renovasi.

6. Ganti Perangkat Keras dan Rencanakan Penyimpanan

Ubah perangkat keras kamar mandi, seperti gagang keran, tarikan laci, dan kepala pancuran menjadi sesuatu yang berbeda dari yang digunakan sebelumnya. Hal ini dapat memberikan pengaruh yang sangat besar pada tampilan kamar mandi tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak.

Kemudian, Jika dirasa kekurangan area penyimpanan sebelumnya, tambahkan lagi kapasitasnya. Pastikan memilih jenis penyimpanan yang tidak memakan banyak ruang seperti di kolong toilet atau lemari dinding.

Ketika perlengkapan kamar mandi disimpan dan disiapkan, kamar mandi yang tertata rapi dan akan dimiliki dan membuatnya terlihat jauh lebih baik dan lebih rapi.

7. Rencanakan Pencahayaan dan Ventilasi

Seperti biasa, lampu atau pencahayaan sangat penting, bahkan untuk kamar mandi. Lampu bisa didapatkan sesuai dengan motif dan gaya kamar mandi.

Pencahayaan ini bisa dibuat menarik dengan menambahkan drama, seperti menempatkan lampu gantung, sconce dinding, lampu tersembunyi dan lain-lain. Ini pasti dapat memperbarui tampilan kamar mandi dan membuatnya tampak lebih santai dan nyaman.

Kemudian pikirkan sirkulasi udara. Pastinya setiap orang tidak ingin memiliki kamar mandi dengan ventilasi yang buruk. Jadi pasang kipas ventilasi dengan CFM yang sesuai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini