Ingin Makan Sehat tapi Anggaran Terbatas, Begini Caranya

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 622 2346855 ingin-makan-sehat-tapi-anggaran-terbatas-begini-caranya-Ur36DyY9Sm.jpg Makan dan Minum Sehat dengan Anggaran yang Cukup. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Gaya hidup sehat menjadi pilihan di tengah pandemi. Berbagai cara dilakukan salah satunya memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa mengonsumsi makanan sehat menghabiskan lebih banyak uang. Karena itu, kebiasan mengonsumsi makanan sehat mungkin terasa sulit saat memiliki anggaran yang terbatas.

Ternyata ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan makanan sehat yang diinginkan namun tetap dapat menghemat uang.

Baca Juga: Stop Boros!, Ini 7 Cara Gampang Kurangi Pengeluaran Tak Perlu

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Selasa (19/01/2021), ada cara untuk mendapatkan pilihan makanan bergizi tanpa menghabiskan banyak uang. Begini cara melakukannya.

1. Makan Sesuai Musim

Buah dan sayuran tidak hanya terasa lebih enak saat dimakan pada musimnya, tetapi juga seringkali lebih murah. Perhatikan apa yang berlimpah di toko bahan makanan dan penawaran yang ada. Jika perlu, pergilah ke pasar petani untuk mendapatkan hasil bumi paling lokal yang tentunya akan lebih murah.

Baca Juga: Trik Atur Keuangan Anti Boros

2. Pertimbangkan Buah dan Sayur Beku

Selain sisa makanan, simpan juga sayuran beku. Pola makan sehat tidak selalu harus bersumber dari sayur dan buah organik segar yang mahal.

Dalam beberapa kasus, buah dan sayur yang beku justru lebih bergizi daripada yang segar. Ini bisa menjadi alternatif memulai pola makan sehat yang murah.

3. Pembelian dalam Jumlah Besar

Membeli bahan makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan lainnya dalam jumlah yang lebih banyak akan menekan biaya. Jika disimpan dengan benar, bahan-bahan tersebut akan bertahan lama dan menjadi makanan pokok yang sehat.

4. Beli Bahan Utuh

Alih-alih membeli dada ayam untuk makan malam, potongan daging dingin untuk makan siang, atau kaleng sup yang akan disimpan di lemari, belilah bahan makanan secara utuh.

Harganya akan jauh lebih murah dan akan mendapatkan semua bagian untuk dimasak menjadi beberapa makanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini