Share

Pelantikan Joe Biden, Begini Penataan Ruang Agar Terjaga dari Covid-19

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 22:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 470 2348007 pelantikan-joe-biden-begini-penataan-ruang-agar-terjaga-dari-covid-19-Kn1r17gPYi.jpg Capitol (Tangkapan Live SUN)

NEW YORK - Pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden memberikan satu tantangan besar. Tantangan terbesar dihadapi penyelenggara pelantikan tahun ini adalah bagaimana melakukan upacara dengan aman di tengah pandemi virus corona yang sedang berlangsung.

Komite Pelantikan Presiden mengumumkan pada pertengahan Desember bahwa "protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat" akan diterapkan untuk mencegah penyebaran virus. Acara tradisional akan "ditata ulang", seperti parade pengukuhan virtual, atau dibatalkan sama sekali, seperti makan siang Capitol Hill. Panitia pelantikan juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke Washington, DC untuk upacara tersebut dan sebagai gantinya berpartisipasi dalam kegiatan pengukuhan dari rumah.

 Baca juga: PNS Ini Bakal Jadi Menkeu Sementara hingga Biden Sahkan Janet Yellen

Mengutip CNN, Jakarta, Rabu (20/1/2021), berikut beberapa cara tambahan pelantikan berubah karena pandemi virus corona:

Kehadiran terbatas

Kehadiran langsung akan berkurang drastis tahun ini dibandingkan dengan pelantikan sebelumnya. Hal ini diumumkan Komite Kongres Bersama untuk Upacara Pengukuhan (JCCIC) pada pertengahan Desember.

Biasanya, 200.000 tiket akan didistribusikan untuk upacara resmi di US Capitol, tetapi tahun ini kehadirannya dibatasi. Misalnya, anggota Kongres hanya akan menerima tiket untuk dirinya sendiri dan satu orang tamu, dan National Mall akan ditutup untuk umum.

 Baca juga: Beberapa Saat Sebelum Pelantikan Biden, Mahkamah Agung AS Dievakuasi karena Ancaman Bom

Protokol kesehatan dan keselamatan

Acara perdana yang berlangsung secara langsung akan memasukkan langkah-langkah kesehatan masyarakat untuk melindungi peserta dari virus. Misalnya, upacara pelantikan resmi akan mencakup "protokol kesehatan dan keselamatan yang kuat untuk melindungi kesehatan masyarakat, termasuk penutup wajah, jarak sosial, dan lainnya," menurut situs web komite pelantikan.

Acara yang “ditata ulang” atau dibatalkan

 

Sebuah pameran seni publik besar-besaran, yang disebut "Field of Flags," telah dipasang di National Mall, dengan sekitar 191.500 bendera AS dan 56 pilar cahaya untuk mewakili orang Amerika yang tidak dapat menghadiri pelantikan secara langsung.

Parade pengukuhan tradisional akan menjadi virtual tahun ini karena pandemi, PIC mengumumkan. "Parade konsep ulang" akan menampilkan pertunjukan televisi dari komunitas di 56 negara bagian dan teritori, serta penampilan selebriti dan tamu.

Sebagai pengganti perayaan secara langsung, tim Biden akan membuat program khusus berdurasi 90 menit bertajuk “Merayakan Amerika,” pada malam pelantikannya. Biden dan Harris diharapkan memberikan sambutan selama program, yang juga akan menyoroti pekerja garis depan, guru dan petugas kesehatan serta menampilkan pertunjukan musik.

Makan siang Capitol Hill dibatalkan tahun ini karena pandemi virus korona yang sedang berlangsung, JCCIC mengumumkan pada akhir Desember, mengatakan keputusan itu dibuat dalam konsultasi dengan PIC. Dalam pelantikan yang lalu, jamuan makan siang di Capitol Hill biasanya dihadiri oleh para pemimpin kongres dan tamu undangan dan sering kali menampilkan makanan dari negara bagian asal presiden dan wakil presiden yang baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini