SWF Indonesia Bisa Optimalisasi Aset BUMN

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 320 2348360 swf-indonesia-bisa-optimalisasi-aset-bumn-oS67kgJoFt.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Mansury menilai pembentukan Sovereign Wealth Fund (SWF) atau lembaga Pengelola Investasi (LPI) untuk mengoptimalkan pengelolaan aset BUMN. Sehingga nantinya, aset tersebut mampu mendatangkan dana ke dalam negeri.

"Pendirian SWF atau LPI untuk optimalisasi aset BUMN memastikan ke depan kita tidak hanya memanfaatkan resource di Indonesia untuk melakukan Investasi, kebutuhan bangun infrastruktur utamanya, tapi juga tarik dana dari luar untuk dioptimalkan pembangunan," ujar Pahala dalam video virtual, Kamis (21/1/2021)

 Baca juga: 3 Nama Dewan Pengawas Sovereign Wealth Fund Pilihan Jokowi

Kata dia pihaknya terus melakukan penyusunan rencana jangka panjang pengoptimalan kinerja BUMN. Di setiap klaster BUMN dibuat suatu pedoman agar dapat bekerja dengan maksimal.

"Di setiap klaster Kementerian BUMN kita susun rencana jangka panjang atau roadmap bagi masing masing kluster industri seperti di tempat saya di sektor kelistrikan migas pupuk, helath care, farmasi, perkebunan, perhutanan dan beberapa sektor lainnya," katanya.

 Baca juga: Jokowi Kaget Ada yang Mau Investasi di SWF USD20 Miliar

Dia menambahkan BUMN bisa melahirkan talenta baru. Lantaran, beberapa perusaaahaan BUMN juga bukan hanya diisi oleh pemimpin yang memiliki kinerja yang bagus dalam membangun BUMN lebih baik.

"Ada beberapa orang yang tadinya memang berasal dari BUMN tapi juga bisa mengundang talenta baru untuk masuk ke BUMN kita tingkatkan kinerja dan inject kapabilitas baru juga ke dalam BUMN," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini