Bikin Ruang Keluarga Outdoor, Perhatikan 6 Hal Ini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 470 2348296 bikin-ruang-keluarga-outdoor-perhatikan-6-hal-ini-KDaPf04DMM.jpg Tips Properti Bikin Ruang Keluarga di Luar Rumah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Ruang bagi keluarga adalah suatu keharusan yang ada di rumah, karena para anggota keluarga akan berkumpul di sana. Ruang keluarga ini pun tak hanya bisa dibuat di dalam rumah, tetapi di luar pun jadi.

Membuat ruang keluarga skema outdoor membuat suasana menjadi lebih tenang karena lingkungan alam sekitarnya. Selain itu, perasaan nyaman dan rileks akan dirasakan ketika sedang beristirahat.

Dilansir dari Home Design Lover, Jakarta, Kamis (21/1/2021), terdapat beberapa pertimbangan untuk merealisasikan pembuatan ruang keluarga dengan skema outdoor. Oleh karena itu, berikut telah kami rangkum beberapa tips yang dapat membantu untuk membuat ruang keluarga di luar ruangan.

1. Pertimbangkan Anggaran

Sebelum benar-benar mulai membuat ruang keluarga di luar ruangan, lihat anggaran dana yang dimiliki. Jika anggaran terbatas, cobalah mengerjakannya pada tahapan yang berbeda atau mencicilnya sampai proses pembangunan selesai.

Baca Juga: 2 Pilihan Tata Letak di Kamar Tidur yang Bikin Rasa Nyaman

Pembuatan ruangan bisa dimulai dari teras Anda, lalu lansekap, pencahayaan dan kemudian mengatur furnitur serta aksesoris lainnya.

2. Tentukan Ukuran Tempat

Setelah anggaran, hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah mengetahui space area outdoor sehingga akan tahu jenis desain apakah yang diinginkan. Kemudian, lihat juga tata letak area luar yang ingin dipakai.

Baca Juga: 5 Cara Menata Furnitur Supaya Kamar Kecil Jadi Luas

Menentukan kedua hal ini dapat membantu mengetahui hal-hal yang dapat ditempatkan di sana dan fungsi tertentu yang mungkin dapat dilakukan.

3. Lengkapi dengan Desain

Ruang keluarga di luar ruangan akan terlihat lebih sesuai jika membiarkannya selaras dengan lanskap dan desain arsitektur rumah. Biarkan desain dalam ruangan tampak terhubung dengan apa yang dimiliki di luar.

Melakukan ini akan menciptakan kesatuan pada seluruh bagian rumah. Ini bisa membuatnya terlihat lebih menarik menjadi bagian dari rumah, meski terletak di luar.

4. Pilih Furnitur yang Tepat

Karena akan diletakkan di luar, manfaatkan furnitur yang tahan cuaca, seperti rotan, anyaman, dan bahan sejenis lainnya. Pilih warna yang disukai sesuai dengan perabotan dalam ruangan. Jika furnitur berwarna hitam, gunakan warna pastel untuk bantalnya. Pastikan juga bahwa ukurannya sesuai dengan ruang yang tersedia.

5. Pertimbangkan Elemen Alam

Karena akan memiliki ruang keluarga di luar rumah, pertimbangkan penggunaan elemen alam. Ini termasuk arah angin yang berlaku dan orientasi sinar matahari. Dengan begitu, area ruang keluarga outdoor tidak akan terlalu panas.

6. Memiliki Lansekap yang Baik

Tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki lansekap yang bagus untuk ruang keluarga di luar ruangan. Jadi, pastikan untuk membuatnya selaras dengan gaya desain interior dan arsitektur.

Miliki teras yang mengarah ke dapur dan pintu masuk. Gunakan beberapa tanaman dan lampu yang dapat membuat ruang keluarga luar ruangan menjadi tempat yang bagus untuk tinggal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini