5 Cara Mapan Secara Keuangan Sebelum Usia 30 Tahun

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 622 2348284 5-cara-mapan-secara-keuangan-sebelum-usia-30-tahun-nsdh2oEgDN.jpeg Tips Mengatur Keuangan Bagi Milenial. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Usia 20-an adalah masa yang bebas dan menyenangkan, sehingga banyak orang menghabiskan tabungan tanpa memikirkan masa depan keuangan ketika itu. Padahal ini merupakan waktu terbaik mulai merencanakan keuangan demi masa depan yang sejahtera.

Jika ingin hidup nyaman dan aman secara keuangan pada usia 30 tahun, tentu diperlukan tekad dan komitmen yang kuat. Mulailah untuk menentukan tujuan-tujuan keuangan dan buat rencana untuk mencapainya.

Dilansir dari The Balance Jakarta, Kamis (21/01/2021), tujuan-tujuan berikut ini bisa jadi pertimbangan untuk diperjuangkan di usia 20-an, demi mapan secara keuangan di masa depan.

1. Menuntaskan utang

Meskipun mungkin tidak semua utang dapat dilunasi pada saat berusia 30 tahun, tetap ambilah langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasinya. Jika bisa lunasi semua utang kartu kredit yang dimiliki.

Baca Juga: 8 Cara Membiasakan Diri Menabung Lebih Banyak Uang

Jika mengelola utang dengan baik dan melunasinya, akan lebih mudah untuk mengambil langkah-langkah lain dalam hidup. Luangkan waktu untuk menyiapkan rencana pembayaran utang sehingga dapat segera terbebas.

2. Rencanakan Pensiun

Cobalah menabung setidaknya 15% dari pendapatan sebelum pajak untuk masa pensiun. Jika mulai melakukan ini pada pekerjaan pertama, maka akan mengumpulkan tabungan berkualitas lebih awal.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Buruk Bahayakan Keuangan, Harus Dihilangkan Secepatnya

Jika memutuskan untuk meninggalkan dunia kerja dan mengejar gelar pendidikan berkelanjutan atau yang lainnya, uang di rekening pensiun akan terus bertambah.

3. Menabung untuk Uang Muka Rumah

Bergantung pada pilihan hidup, tiap-tiap orang memiliki pilihan untuk membeli rumah pertama di usia 20-an, atau mungkin menunggu sampai berusia 30-an. Namun, menyimpan uang akan membantu seseorang siap ketika saatnya tiba.

Mulailah menabung sejumlah uang untuk membayar uang muka jika ingin membeli rumah baru. Menabung setidaknya 20% untuk uang muka rumah memiliki banyak manfaat, dan akan selalu menjadi pilihan tepat.

4. Fokus pada Karier

Usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk membangun karir yang solid. Luangkan waktu untuk membuat jaringan profesional yang solid dan pertimbangkan semua opsi yang tersedia.

Jika masih lajang, pertimbangkan pindah ke berbagai kota untuk mengejar pekerjaan impian, dan fokus untuk membangun reputasi yang baik. Ini dapat membantu untuk memutuskan mulai bekerja sebagai konsultan atau freelance ketika situasi keluarga berubah di masa depan.

5. Bangun Kebiasaan Keuangan yang Baik

Terakhir, penting untuk membangun kebiasaan keuangan yang baik di usia 20-an. Mulai dari mengelola kredit dengan baik dan memperbaiki kesalahan seperti keterlambatan pembayaran.

Bersabarlah untuk mengikuti anggaran yang telah dibuat setiap bulan. Jika memiliki dasar dari kebiasaan keuangan yang baik, akan lebih mudah untuk terus bergerak maju.

Karena ke depannya hidup mungkin akan menjadi lebih rumit dengan anak-anak, hubungan, atau karir yang bergerak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini