5 Kemampuan Ini Wajib Dimiliki Fresh Graduate yang Siap Kerja

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 622 2348507 5-kemampuan-ini-wajib-dimiliki-fresh-graduate-yang-siap-kerja-gTpKzGw3OL.jpeg Generasi Milenial (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Menyandang status fresh graduate menjadi tantangan sendiri dalam mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, kebanyakan perusahaan akan mencari calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada kesempatan bagi fresh graduate. Baru lulus dan bisa dibilang masih minim pengalaman, mengharuskan para fresh graduate untuk membekali diri dengan sejumlah kemampuan.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Dilansir dari laman Instagram Kementerian Ketenagakerjaan RI @kemnaker Jakarta, Kamis (21/01/2021), berikut ini 5 kemampuan yang harus dimiliki fresh graduate siap kerja.

1. Critical Thinking Skill

Kemampuan untuk berpikir kritis sangat diperlukan dalam dunia kerja. Karena perusahaan mengharuskan pekerjanya dapat mengambil keputusan-keputusan dengan baik pada kondisi tertentu.

2. Problem Solving skill

Dalam dunia kerja, tentu pekerja diharapkan mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk memiliki problem solving skill atau kemampuan menyelesaikan masalah.

3. Bekerja Sama dan Kolaborasi

Penting juga untuk menguasai keterampilan kerja sama dan kolaborasi. Tanpa adanya keterampilan ini, akan sulit untuk mengikuti arus dunia kerja. Sebab, perusahaan tak hanya mencari karyawan yang dapat bekerja mandiri, tapi juga secara tim.

4. Digital Literacy

Kemampuan analisis yang baik sangat diperlukan untuk membantu perkembangan perusahaan. Ini meliputi kemampuan mendapatkan, mengolah, dan menganalisa informasi yang didapatkan melalui teknologi digital.

5. Leadership Skill

Terakhir, leadership atau kepimpinan. Meski baru lulus dan minim pengalaman, kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang fresh graduate. Ini berguna untuk menunjukkan potensi yang dimiliki dalam diri kepada perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini