5 Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 622 2345101 5-cara-menghindari-penipuan-lowongan-kerja-JI4L7nGGBp.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

 JAKARTA - Pembatasan aktivitas yang dipicu oleh pandemi Covid 19, menyebabkan banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawannya dari jarak jauh. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kenyamanan dengan karyawan jarak jauh.

Jika tertarik untuk bekerja dari rumah, ada beberapa pekerjaan nyata dan resmi yang tersedia. Namun mencari pekerjaan jarak jauh atau remote workers tidak semudah mencari pekerjaan offline. Tidak sedikit orang memanfaatkan kesempatan ini untuk berbuat jahat dan melakukan penipuan.

Baca Juga: Hal yang Harus Disiapkan saat Datang ke Job Fair

Melansir dari The Balance Careers, Jumat(15/1/2021) mungkin ada penipuan pekerjaan dari rumah daripada daftar pekerjaan nyata dari rumah, jadi pencari kerja perlu berhati-hati saat mencari dan mengevaluasi tawaran pekerjaan di rumah.

Pertama luangkan waktu untuk meneliti posisi dan perusahaan. Cari tahu dengan bertanya kepada orang lain yang bekerja di sana. Dengan begitu tidak akan tertipu, dan dapat menggunakan upaya terbaik untuk memastikan perusahaan tepat.

Kedua, lakukan riset tentang perusahaan. Jika tidak yakin perusahaan itu sah, mintalah referensi. Jika perusahaan tidak akan memberikan referensi, maka jangan mendaftar.

Ketiga, jangan pernah mengirim uang. Hindari perusahaan yang meminta mengirim uang dengan iming-iming pembelian peralatan. Selain itu, jangan pernah memberikan informasi rekening bank atau informasi pribadi lainnya yang dapat membantu seseorang mencuri identitas.

Keempat, evaluasi setiap daftar pekerjaan yang diminati dengan sangat hati-hati. Cari tahu apakah ada gaji atau dibayar berdasarkan komisi. Tanyakan peralatan kerja apa saja yang perlu di sediakan.

Kelima, mintalah referensi. Minta daftar karyawan atau kontraktor lain untuk melihat bagaimana hasil kinerja mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini