3 Alasan Kenapa Emas Jadi Investasi Idola

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 622 2349572 3-alasan-kenapa-emas-jadi-investasi-idola-dPxHteiYFr.jpg Emas (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Investasi emas merupakan investasi yang banyak dipilih oleh seluruh kalangan masyarakat karena kemudahannya. Selain itu, karena harga emas yang cenderung naik membuat investasi ini populer untuk dijalankan.

“Emas ini sifatnya simple dan mudah disimpan ya, lalu karena harganya yang cenderung naik membuat masyarakat memilih investasi ini untuk dilakukan,” kata Perencana Keuangan Andi Nugroho saat dihubungi Okezone, Sabtu (23/1/2021).

Selain itu, berikut ini Andi Nugroho juga membagikan penjelasan dan alasan mengapa investasi emas begitu diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia.

1. Simple

Emas ini sangat simple karena bisa dikatakan barang kecil yang investasikan. Selain itu, karena harganya yang cenderung naik membuat investasi ini menjadi mudah untuk dilakukan.

Baca Juga: Ini Sosok Budi Said yang Menang Gugatan 1,1 Ton Emas Antam 

Kemudian emas bisa dijual belikan dengan mudah di mana saja. Misal liburan kurang membawa uang tunai, emas ini bisa kita jual pada saat liburan walaupun kita berada di daerah yang belum kita ketahui sebelumnya.

“Kalau misalkan kita sedang berlibur, misal ke Jogja dan kehabisan dana di sana. Kalau kita membawa logam mulia atau emas, maka kita bisa menjualnya di sana walau baru pertama kali berkunjung ke daerah itu untuk menutupi kekurangan pribadi,” jelas Andi Nugroho.

Hal itu bisa dilakukan karena harga emas di seluruh Indonesia cenderung sama, jadi tidak perlu khawatir soal itu.

“Karena harga emas itu sama di seluruh Indonesia, maka menjual seperti kasus tadi bisa dilakukan tanpa kekhawatiran berlebih,” lanjutnya.

2. Mudah Disimpan

 

Emas ini investasi yang mudah disimpan karena dia mudah diperjual belikan. Kemudian, kalau misalkan harga buyback emas dirasa belum bisa memberikan keuntungan, emas bisa tidak dijual dahulu untuk disimpan atau ditabung hingga harga buyback emas lebih tinggi dari harga belinya.

“Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan perkembangan buyback dari emas itu sendiri karena keuntungan investasi ini bersumber dari sana. Jangan keliru dengan harga beli emas yang murah,” jelas Andi.

3. Investasi Jangka Panjang

Emas ini fleksibel, bisa untuk investasi jangka panjang, menengah dan pendek. Dari situ, bisa dibilang emas adalah investasi yang fleksibel. Kalau berencana ingin mendapat keuntungan dengan cepat, pilihan untuk jangka pendek bisa diambil dengan memperhatikan harga buyback-nya.

Kemudian, jika berencana untuk keperluan yang akan datang, investasi jangka panjang bisa dilakukan. Dengan investasi jangka panjang ini, hasil investasi emas bisa dimasukan ke dana darurat seseorang dan menabung untuk pemenuhan kebutuhan di masa yang akan datang.

“Jangka panjangkan berkaitan juga dengan dana darurat, jadi hasil investasinya bisa dimasukan ke dalam dana darurat seseorang supaya pemenuhan kebutuhan di masa depan bisa dilakukan dengan baik,” kata Andi Nugroho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini