Bisnis Coffee Shop, Lakukan Promosi dan Konsep Unik

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 455 2349876 bisnis-coffee-shop-lakukan-promosi-dan-konsep-unik-c67bPoin4r.jpg Ilustrasi Kopi (Foto: Youtube)

JAKARTA – Bisnis coffee shop atau kedai kopi tengah berkembang pesat, terutama di wilayah perkotaan. Hal ini seiring dengan kebiasaan bersantai sambil meminum kopi yang telah menjadi tren dan gaya hidup di masyarakat.

Coffee shop menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan. Namun, memulai sebuah bisnis apapun itu tentu membutuhkan persiapan yang matang. Sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis ini, ada baiknya membekali diri dengan pengetahuan tentang kopi.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini saat Bisnis Kedai Kopi agar Cuan Menghampiri

Mengutip buku berjudul 99 Bisnis anak muda oleh Malahayati, Hendry E. Ramdhan, berikut ini beberapa tips dan strategi memulai bisnis coffee shop agar sukses dan mampu memberikan keuntungan besar.

1. Tentukan Konsep yang Unik

Langkah pertama yang harus dilakukan saat akan membuka coffee shop adalah dengan menentukan konsep. Pilih konsep yang unik dan berbeda dari coffee shop lainnya. Walaupun sederhana, buat tempat senyaman mungkin untuk mengobrol dan berkumpul.

 

2. Cari Lokasi Startegis

Tentutkan lokasi yang strategis dan ramai. Selain itu, cari lokasi sesuai dengan segmen yang diinginkan. Misalnya segmen anak kuliahan maka cari lokasi di wilayah kampus, orang kerja di sekitar kantor, atau lainnya.

3. Siapkan Modal

Mempersiapkan modal merupakan hal yang utama dalam memulai bisnis. Siapkan modal sesuai dengan konsep coffee shop yang akan dijalankan. Jika tidak memiliki banyak modal, pertimbangkan untuk membuka bisnis ini bersama teman atau mencari partner.

4. Lakukan Promosi

Lakukan promosi untuk menginformasikan serta mempengaruhi target konsumen untuk datang ke coffee shop. Siapkan spanduk, brosur, pamphlet atau leaflet kemudian sebar ke daerah sekitar lokasi.

5. Ciptakan Suasana Nyaman

Tempat ngopi yang nyaman tentu akan membuat pelanggannya ma uterus kembali datang. Maka buatlag suasana coffee shop senyaman mungkin. Misalnya dengan memastikan setiap sudut bersih dan terdapat menu tambahan yang cocok dinikmati dengan kopi.

6. Buat Menu Kopi yang Inovatif

Saat ini ada banyak coffee shop menjual kopi yang hampir sama. Untuk membedakan dan membuatnya unik, ciptakan menu minuman kopi yang inovatif dan memiliki cita rasa yang berbeda. Sehingga membuat pelanggan merasa ingin terus mencoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini