6 Cara Menghemat Uang, Bahkan dengan Anggaran Ketat Sekalipun

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 622 2349797 6-cara-menghemat-uang-bahkan-dengan-anggaran-ketat-sekalipun-AcVBO3HzDD.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Tidak peduli berapa banyak pendapatan yang dihasilkan saat ini, penting untuk menyisihkan sedikit uang untuk masa depan. Namun, ketika memiliki anggaran yang ketat, menabung menjadi hal yang sulit.

Meski sulit menghemat uang dengan anggaran yang terbatas, bukan artinya ini tidak mungkin. Dengan penyesuaian keuangan yang tepat, dapat membantu seseorang mencapai kestabilan keuangan bahkan di masa-masa sulit.

Dilansir dari The Balance Jakarta, Minggu (24/1/2021), berikut adalah tujuh cara yang dapat menghemat uang bahkan ketika hidup dengan anggaran terbatas.

Baca Juga: Ini Sosok Budi Said yang Menang Gugatan 1,1 Ton Emas Antam 

1. Ubah Layanan Televisi

Salah satu cara termudah untuk menambah jumlah rekening tabungan adalah dengan membatalkan layanan TV kabel atau satelit dan beralih ke alternatif yang lebih murah. Saat ini cukup mudah untuk mendapatkan berbagai macam pilihan hiburan dari layanan streaming yang menghabiskan biaya lebih sedikit.

2. Lihat Tagihan Makanan

Cara menghemat lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah cara makan. Bisa dimulai dengan berhenti atau mengurangi makan di luar. Masak makanan dirumah akan lebih murah daripada membeli makanan di restoran. Bisa juga dengan mempertimbangkan untuk mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan buah-buahan, kacang-kacangan, atau sayuran.

 

3. Potong Setiap Kategori, Sedikit Saja

Langkah selanjutnya setelah memotong pengeluaran yang tidak perlu adalah menghemat Rp50 ribu hingga Rp100 ribu dari setiap kategori dalam anggaran dan menyisihkan uang tersebut. Mengurangi anggaran di setiap kategori memang tidak mudah, namun demi kebaikan di masa depan, cobalah untuk menerapkannya.

4. Beralih ke Uang Tunai untuk Pengeluaran Harian

Mulailah beralih ke uang tunai untuk pengeluaran harian. Ini dapat membantu mengurangi pengeluaran. Meski mungkin tidak praktis, menggunakan uang tunai dapat membantu seseorang menempatkan batasan pada pengeluaran. Bahan makanan, pakaian, dan hiburan adalah kategori utama yang perlu dibelanjakan secara tunai.

5. Bekerja untuk Melunasi Utang

Jika ingin lebih menabung dengan nyaman, mulailah dengan melunasi semua utang terlebih dahulu. Mengambil langkah untuk melunasi kartu kredit secepat mungkin akan membebaskan uang tambahan dalam anggaran dan memungkinkan untuk melakukan lebih banyak hal dengan uang yang dimiliki.

6. Temukan Cara untuk Mengurangi Pengeluaran Besar

Cari tahu pengeluaran terbesar dalam anggaran. Kemudian, temukan cara untuk mengurangi pengeluaran tersebut. Misalnya, ketika memiliki biaya sewa tempat tinggal yang mahal, gunakan opsi menemukan tempat tinggal yang lebih murah atau tinggal dengan teman sekamar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini