Investasi Emas saat Pandemi, Perhatikan 4 Hal Ini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 622 2349856 investasi-emas-saat-pandemi-perhatikan-4-hal-ini-dGpdiNWe1A.jpg Emas Antam. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Melakukan investasi emas sudah menjadi hal yang umum terjadi di tengah masyarakat. Kemudahan dan keuntungan yang menggiurkan membuat investasi ini dipilih sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan.

Sebelum melakukan investasi emas, ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya investasi yang dilakukan bisa berjalan sesuai rencana. Jika keliru, keuntungan cenderung sulit didapatkan dan malah mendapat rugi.

“Sebelum investasi emas, hal yang perlu diperhatikan adalah melihat harga buybacknya, supaya keuntungan yang dituju bisa didapatkan secara maksimal,” kata Perencana Keuangan Andi Nugroho saat dihubungi Okezone, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga: Gampang Dijual, Emas Diburu Jadi Pilihan Investasi

Oleh sebab itu, Andi Nugroho membagikan tips untuk melakukan investasi emas di masa pandemi ini yang bisa dilakukan oleh setiap orang, khususnya yang akan baru memulai investasi ini.

1. Perhatikan harga buy back

Kebanyakan orang keliru ketika ingin menjual emas yang tidak melihat harga buybacknya. Menurut Andi, hal ini sangat penting untuk dilakukan karena keuntungan investasi emas bisa didapat ketika memperhatikan harga buybacknya.

“Biasanya orang melihat harga beli emas tinggi, dia jual emasnya. Itu keliru. Oleh sebab itu, memperhatikan harga buyback penting agar kita tidak sendiri tidak rugi/jual beli emas biasa saja,” jelas Andi.

 

2. Perhatikan Report Investasi Emas

Memperhatikan report atau laporan soal investasi emas pada suatu perusahaan, seperti Antam perlu dilakukan. Hal ini untuk mengetahui perkembangan kenaikan dan penurunan harga emas. Harga yang dilihat untuk berinvestasi pun adalah harga bucbacknya supaya bisa memperkirakan keuntungan yang didapatkan dari investasi ini

3. Dilakukan Satu tahun lagi

Di masa pandemi seperti ini, kata Andi, dia menyarankan untuk melakukan investasi emas menunggu waktu 1 atau dua tahun lagi. Hal itu guna memastikan harga emas yang cenderung naik pada pandemi seperti ini.

“Menurut saya, kalau mau melakukan investasi emas ini harus bersabar menunggu 1 atau dua tahun lagi karena kondisi ekonomi dunia sedang tidak menentu akibat pandemi COvid-19,” kata Andi.

Namun, investasi ini bisa dilakukan minimal pertengahan tahun nanti, tergantung dari vaksin dan penambahan kasus Covid-19. Jika kasus tersebut turun, harga emas akan naik dan investasi bisa dilakukan.

4. Investasi Emas Batangan Disarankan

Emas yang bisa diinvestasikan dan harganya tinggi adalah emas batangan. Emas perhiasan, kata Andi, bisa saja dilakukan, tetapi harganya akan berada di bawah emas batangan. Hal itu terjadi karena ketika berinvestasi emas perhiasan akan terjadi biaya tambahan, seperti peleburan emas.

“Investasi emas perhiasan harganya akan berada di bawah emas batangan karena ketika investasi emas perhiasan akan terkena biaya lain kepada seseorang, seperti biaya peleburan. Kalau emas batangan tidak ada, karena bentuknya tetap dan tidak bisa diapa-apakan lagi,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini