3 Tips Investasi Emas Aman agar Terhindar Penipuan

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 622 2350146 3-tips-investasi-emas-aman-agar-terhindar-penipuan-iasgy35MTH.jpg Tips Investasi Emas. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Memulai investasi perlunya diiringi persiapan yang mumpuni. Persiapan ini perlu dilakukan supaya tidak terjadi hal-hal merugikan, seperti bertemu oknum yang memanfaatkan nama besar suatu instansi.

Oleh sebab itu, mempelajari bagaimana suatu perusahaan investasi melakukan kegiatan tersebut harus dilakukan. Apalagi pada investasi emas, rawan terjadinya miskomunikasi yang berakibat buruk saat investasi berjalan.

“Saya tekankan, pertama pelajari dulu bagaimana cara investasi sebelum melakukan. Lakukan riset tertentu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya,” kata Perencana Keuangan Andi Nugroho ketika dihubungi Okezone, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Gaji Dipotong selama Pandemi, Begini 6 Cara Mengatasinya

Berikut ini terdapat 3 tips yang bisa dilakukan saat berinvestasi emas supaya terhindar dari tindak penipuan/miskomunikasi dengan perusahaan terkait.

1. Lakukan Riset

Melakukan riset atau mencari tahu segala hal mengenai investasi emas perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seluk beluk dunia investasi ini supaya terhindar dari penipuan dan miskomunikasi.

“Pelajari bagaimana cara berinvestasi emas, seperti berbagai macam biaya yang akan diterima, persentase kenaikan dan penurunan harga, dan bagaimana perusahaan terkait menjalankan investasinya,” tutur Andi.

Baca Juga: 6 Cara Menghemat Uang, Bahkan dengan Anggaran Ketat Sekalipun

Kemudian, dia juga menyarankan untuk mengetahui profil dan laporan perusahaan investasi yang dituju supaya keyakinan untuk berinvestasi di sana bisa kuat dan aman.

2. Ada Uang, Ada Barang

Menurut Andi, ketika berinvestasi dan membeli emas sebaiknya menggunakan uang tunai dengan langsung mendatangi gerai penjualan emas, misalnya Antam yang berlokasi di Pulo Gadung. Jadi ketika menyerahkan uang, emas bisa langsung diterima oleh seseorang.

“Ketika menyerahkan uang tunai untuk membeli emas, pastikan emas langsung kita terima. Kegiatan ini bisa meminimalisir terjadinya kerugian akibat penipuan oleh oknum yang mengatasnamakan perusahan tertentu,” jelas Andi.

3. Ada Hitam di Atas Putih

Maksud ada hitam di atas putih, kata Andi, adalah ketika melakukan investasi sertakan perjanjian tertentu agar kegiatan tersebut memiliki kekuatan di mata hukum. Kemudian, jika suatu saat terjadi hal-hal yang merugikan salah satu atau ke dua belah pihak, permasalahan itu bisa digugat secara hukum.

“Perjanjian hitam di atas putih ini bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan yang dilakukan suatu oknum yang mengatasnamakan perusahaan tertentu saat berinvestasi. Oleh karena itu saya tekankan kembali, pelajari terlebih dahulu bagaimana cara (perusahaan investasi) berinvestasi dengan seseorang supaya hal merugikan tadi tidak terjadi,” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini