Kelola Keuangan di Tengah Covid-19, Dahulukan Skala Prioritas Bukan Keinginan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 622 2350545 kelola-keuangan-di-tengah-covid-19-dahulukan-skala-prioritas-bukan-keinginan-uj9hP2R8LT.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 masih menghantui Indonesia di 2021 ini. Sudah hampir satu tahun wabah tersebut terus menyerang wilayah Tanah Air.

Salah satu masalah yang timbul akibat dari adanya wabah tersebut adalah krisis ekonomi. Kini, tercatat Indonesia masih tercebur ke dalam zona resesi sejak kuartal III-2020 lalu.

Baca Juga: 6 Cara Menghemat Uang, Bahkan dengan Anggaran Ketat Sekalipun

Lantas apa yang mesti diperbaiki seseorang dalam hal keuangannya? Financial Planner Rista Zwestika memberikan imbauan kepada masyarakat agar bisa terbebas dari permasalahan finansial.

Dia menyebut salah satu langkah yang harus dilakukan ialah melakukan bujeting pengeluaran rutin per bulan. Kemudian, pisahkan mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan.

"Kita harus buat bujeting skala prioritas dulu. Baru berdasarkan kebutuhan dan keinginan, jangan di balik," kata Rista dalam diskusi daring, Senin (25/1/2021).

Setelah itu, lanjut dia, yang harus dilakukan adalah kembali mengisi pos dana darurat. Sebab, hampir dipastikan dana darurat banyak yang tersedot akibat keuangan selama tahun 2020 lalu.

"Misal enggak punya dana darurat, aset sudah banyak kejual, gaji sudah mulai berkurang. Dari sana kita akan tahu apakah kondisinya sehat atau tidak. Letaknya di mana? Apakah tidak lagi punya dana darurat," ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini