Misi Erick Thohir Optimalkan Ekonomi Syariah RI

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 320 2351702 misi-erick-thohir-optimalkan-ekonomi-syariah-ri-XqroJgeZ7B.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/Kementerian BUMN)

JAKARTA - Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Terlepas kualifikasi dan kompetensi, Erick berkomitmen sejak lama terhadap keberpihakan kepada umat, khususnya di bidang ekonomi.

Dalam sambutan, Erick Thohir memaparkan berbagai hal, di antaranya realita bank Syariah di Indonesia dan rendahnya tingkat penetrasi di Indonesia dibandingkan dengan negara lain.

Baca Juga: Lantik Pejabat Baru, Erick Thohir Minta Tak Ada Lagi BUMN Salah Langkah

"Saya mengimbau seluruh insan penggiat Ekonomi Syariah untuk benar-benar fokus mengoptimalkan sistem ekonomi ini di Tanah Air,” kata Erick dalam video virtual, Rabu (27/1/2021).

Lebih lanjut, Erick juga menyampaikan perlunya intervensi agar ada keberpihakan kepada umat, serta peranan BUMN yang juga tidak kalah penting dalam mencapai tujuan ini.

 

Menurut Erick, melakukan terobosan melalui merger bank Syariah di Himbara merupakan salah satu strategi konkrit yang diharapkan akan menjadi pemain stabilisasi keberpihakan kepada ekonomi umat secara lebih luas.

"Kondisi pandemi menjadi salah satu momentum untuk membuktikan bahwa ekonomi Syariah memiliki daya tahan (resiliensi) yang lebih baik terhadap gejolak dan krisis," bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Chairman Rabu Hijrah Phirman Rezha Dengan rekam jejak yang ada, peningkatan literasi dan inklusi keuangan Syariah di Indonesia pasti dapat terwujud.

"Kami mengenal sosok Bapak Erick Thohir sebagai seorang pemimpin, pemrakarsa, sekaligus guru bagi kami semua, termasuk di Rabu Hijrah. Sekali lagi kami mengucapkan proficiat kepada Bapak Erick. Selamat mengemban amanah yang baru demi bersama mengusahakan visi dan misi MES untuk pengembangan Ekonomi Syariah di Indonesia," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini