Cara Mudah Cat Ulang Dinding yang Memudar dan Rusak

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 470 2351710 cara-mudah-cat-ulang-dinding-yang-memudar-dan-rusak-R7ZLvJmAbg.jpg Tips Cat Ulang Dinding Rumah yang Rusak. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Warna cat dinding seiring berjalannya waktu pasti berubah. Perubahan bisa karena memudarnya warna cat, terlebih pada dinding eksterior.

Pada dinding interior, perubahan warna dapat terjadi. Misalnya karena salah satu sisinya tertutup furnitur atau bingkai foto dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika sudah terjadi hal tersebut, maka harus dilakukan pengecatan ulang dinding.

Baca Juga: 4 Tren Warna Properti 2021, Tertarik yang Mana

Mengecat ulang dinding dapat dilakukan sendiri. Seperti dikutip dari buku 101 Membersihkan & Merawat Rumah karya Imelda Akmal Architectural Writer, Selasa (26/1/2021) cara mudah melakukan pengecatan ulang dinding yang rusak.

1. Cek kondisi dinding, jika kondisi cat pada dinding masih baik hanya perlu membersihkan dinding dari kotoran. Campurkan larutan sabun pembersih dan air sebelum melakukan pengecatan.

2. Setelah itu siramkan larutan pembersih. Gosok permukaan dinding dengan ampelas. Bersihkan juga permukaan dinding dari debu dan serpihan ampelas.

Baca Juga: Bikin Ruang Keluarga Outdoor, Perhatikan 6 Hal Ini

3. Jika kondisi cat sudah tidak bagus, lakukan pengelupasan. Gunakan alat kerik untuk mengelupaskan cat.

Setelah dikerik, kemudian tambal kerusakan dinding dengan plamur.

4. Setelah dinding rata dan sudah tidak ada bagian yang bolong karena rusak langsung aplikasikan cat dasar. Diamkan selama 2 jam hingga cat dasar kering.

5. Setelah kering sempurna, aplikasikan cat tembok baru secara merata. Jika warna cat baru lebih muda dari warna cat sebelumnya, sebaiknya aplikasikan cat putih terlebih dahulu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini