Fokus Divestasi, Waskita Hanya Investasi Satu Proyek Jalan Tol Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 320 2352478 fokus-divestasi-waskita-hanya-investasi-satu-proyek-jalan-tol-tahun-ini-9EHeTFfYrS.jpg Waskita Jual 9 Ruas Jalan Tol. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada tahun ini akan fokus melakukan rencana divestasi ruas tol yang dimiliki. Ada sekitar 9 ruas tol yang nantinya akan dijual kepada para calon investor.

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road (WTR) Alex Siwu mengatakan, karena fokus pada divestasi, pada tahun ini pihaknya hanya ikut pada investasi di satu jalan tol saja. Adalah Jembatan Tol Balikpapan-Penajam yang saat ini sedang dilakukan kajian.

Baca Juga: Investor Lokal dan Asing Minati 9 Tol Waskita Karya

"Dalam rencana tahun ini kita hanya akan ikut satu investasi jalan tol yang baru. Jembatan Tol Balikpapan-Penajam. Fokus kita tahun ini pada divestasi jalan tol," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (28/1/2021).

Tol

Alex menambahkan, dalam proyek jembatan tol Balikpapan-Penajam itu sendiri Waskita Karya bertindak sebagai inisiator. Dalam pembangunan tersebut, Waskita Karya bergabung dengan konsorsium PT Tol Teluk Balikpapan (TTB) yang berisi PT KBK-Pemprov Kalimantan Timur, Perusda Benua Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Pemerintah Kota Balikpapan.

Baca Juga: 9 Ruas Tol Dijual, Waskita Masih Boleh Ikut Lelang Proyek

"Iya benar (Bareng dengan KBK, Perusda Benua Taka Kabupaten Penajam Paser Utara dan Pemerintah Kota Balikpapan. Waskita porsinya 60%," ucapnya.

Meskipun pada tahun ini hanya akan fokus pada satu proyek, buka tidak mungkin di masa mendatang akan kembali fokus pada investasi banyak proyek jalan tol. Karena menurut Alex, sesuai dengan lini fokus bisnis dari perseroan adalah investasi dan membangun sampai jalan tol bisa beroperasi untuk kemudian dijual kembali.

"Bisnis Waskita Toll Road adalah sebagai Developer jalan Tol. Dimana kegiatan utamanya adalah investasi, membangun sampai dengan operasi, kemudian melakukan divestasi ruas-ruas tol yang sudah siap didivestasi," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini