Bingung Cari Modal Usaha? Coba 5 Cara Ini

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 455 2352269 bingung-cari-modal-usaha-coba-5-cara-ini-MSb4BjEEHp.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Modal merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki ketika ingin memulai usaha. Sebab menjadi pondasi awal dari sebuah usaha tersebut terbentuk.

Sebetulnya, ada banyak cara dalam mencari modal usaha. Bisa dari tabungan sendiri jika cukup namun bisa juga meminjam ke lembaga keuangan seperti bank.

Namun jangan khawatir, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha. Seperti yang sudah dikutip dari buku Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta karya A. Primasetra, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga: Contoh Usaha Model Kecil Untung Besar

1. Mencari Investor

Banyak orang di lingkungan tempat tinggal kita memiliki banyak uang namun tidak diinvestasikan. Nah, coba untuk membuat perputaran uang mereka agar lebih bermanfaat. Hal ini bisa dijadikan modal bisnis. Namun harus ada hitam di atas putih mengenai pembagian keuntungan dan status kepemilikan usaha.

2. Konsinyasi

Konsinyasi adalah menitipkan produk ke sejumlah toko dengan sistem bagi hasil. Misalnya menjual produk tas, tawarkan dan titipkan kepada toko tas lain. Sistem bagi hasil misalnya 10% keuntungan akan menjadi milik toko yang menjualkan tersebut, bisa juga sebaliknya.

 

3. Patungan

Sebagai ibu rumah tangga pasti memiliki banyak kenalan. Seperti perkumpulan orang tua murid, kelompok pengajian, kelompok arisan, dan lainnya. Dari sekian kenalan pasti salah satunya ada yang memiliki modal yang cukup dan keinginan membuat usaha. Nah, orang-orang seperti bisa diajak kerja sama untuk memulai usaha. Jika sudah klop untuk membangun usaha bersama, buatlah kesepakatan pembagian keuntungan dan surat perjanjian agar tidak terjadi sesuatu yang merugikan di kemudian hari.

4. Menggadaikan Barang

Meskipun mungkin untuk dilakukan, tetapi cara ini sebaiknya dihindari karena terlalu berisiko. Sebab jika tidak bisa menebus barang yang digadaikan, barang tersebut akan raib. Namun cara ini tidak selalu berbahaya. Kalau bisnis lancar, profit jelas, omzet naik setiap bulan, bisa menjadi jaminan aman dalam menggadaikan barang.

5. Pinjaman

Jika memutuskan untuk meminjam di bank, berarti harus memiliki usaha yang resmi agar proses peminjaman dimudahkan oleh bank. Tentunya bank akan menilai dari beberapa aspek yang nantinya menjadi tolak ukur layak tidaknya bisnis diberi pinjaman. Tapi jangan khawatir, beberapa bank juga biasanya memberikan kredit bagi pengusaha yang bergerak di bidang usaha kecil menengah, termasuk bisnis rumahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini